Find Us On Social Media :

Situasi Laut China Selatan Memanas, Jika Perang Dunia III Pecah Antara China dan Amerika di Laut China Selata, Apa Dampaknya Bagi Indonesia?

By Afif Khoirul M, Minggu, 30 Agustus 2020 | 18:34 WIB

Amerika Bisa Deteksi Semua Pergerakan Militer China dari Jepang

Intisari-online.com - Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI Laksamana Muda TNI (Purn) Soleman B Ponto meyakini Indonesia akan terdampak jika Amerika dan China bertempur di Laut China Selatan.

Soleman mengatakan dari sisi lingkungan setidaknya laut Indonesia akan tercemar.

Tidak hanya itu, ia juga meyakin Indonesia akan kedatangan pengungsi perang dari sekitar Laut China Selatan.

Hal tersebut diungkapkan Soleman ketika menanggapi pertanyaan seorang peserta Diskusi Webinar bertajuk "Polemik Rancangan Perpres Tentang Tugas TNI dalam Mengatasi Terorisme" yang diselenggarakan Universitas Paramadina, Selasa (9/6/2020).

Baca Juga: Wujud Bayinya Terus Disembunyikan Ibunya dalam Kain Gendongannya, Warga Dibuat Syok dan Ketakutan Setelah Tahu Wujud Bayinya Seperti Ini, Penyebabnya Sungguh Miris

"Bagaimana laut itu akan menjadi kotor. Bagaimana terjadi pencemaran lingkungan. Pasti akan berdampak kepada Indonesia. Bagaimana nanti kalau ada pengungsi datang ke mana, ke Indonesia lagi. Kita ingat bagaimana kasus Pulau Galang yang penuh dengan pengungsi. Sehingga apa yang akan terjadi dengan Laut China Selatan pasti akan berdampak kepada Indonesia," kata Soleman.

Diberitakan sebelumnya, situasi di kawasan Laut China Selatan kembali memanas.

Baru-baru ini, Shandong, kapal induk pertama yang China buat di dalam negeri, melakukan uji coba laut pada 22 Mei lalu, CCTV melaporkan. Pandemi virus corona menghambatnya untuk turun ke laut.

Ini pertama kali kapal induk Shandong turun ke laut untuk latihan sejak penugasan secara resmi ke Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) akhir tahun lalu.

Baca Juga: Pernah Gemparkan Dunia, Pria Ini Bikin Pengakuan Mengejutkan Pernah Diculik Alien, Awalnya Dikira Halu Tetapi Akhinya Banyak yang Hampir Percaya Karena Bukti Ini