Find Us On Social Media :

Covid Hari Ini 21 Agustus 2020:Pakar Sebut Pemerintah Indonesia Tak Dengarkan Ahli dan WHO soal 'Rapid Test, Begini Selengkapnya

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 21 Agustus 2020 | 10:11 WIB

Covid hari ini

Intisari-Online.com - Covid hari ini masih terus menghantui, sementara pakar epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono menyebut, pemerintah tak mendengar pendapat ahli mengenai penggunaan tes cepat atau rapid test.

Pemerintah tetap menggunakan rapid test untuk melakukan deteksi awal Covid-19, meski banyak pihak, termasuk World Health Organization (WHO), tak menyarankan demikian.

"Kenapa demikian (rapid test tetap digunakan)? Karena tidak mendengar pendapat-pendapat ahli atau sains bagaimana pandemi ini dilakukan.

Pedoman ada, WHO ada, banyak konsultan-konsultan kesehatan yang di Jakarta yang bisa membantu," kata Pandu saat menghadiri rilis survei Indikator Politik Indonesia secara virtual, Kamis (20/8/2020).

Baca Juga: Bakalan Seru Nih! Yuk Siap-siap Connecting Lagi dengan Reconnect, Online Youth Festival by HAI and Cewekbanget.id

Pandu mengatakan, rapid test hanya mendeteksi virus melalui antibodi.

Seseorang yang dinyatakan reaktif belum tentu positif Covid-19.

Untuk memastikan seseorang terinfeksi virus corona, orang yang sudah menjalani rapid test harus melakukan tes usap (swab test) atau PCR.

Oleh karenanya, kata Pandu, rapid test sejatinya tak efektif untuk mendeteksi Covid-19.

Baca Juga: Bakal Punya 100 Hulu Ledak Nuklir pada Akhir 2020, Kim Jong-un Redakan Stres dengan Serahkan Sebagian Kekuasaan ke Adik Perempuannya