Find Us On Social Media :

Tolak Klaim Tiongkok Atas Laut China Selatan, Terkuak Akal Bulus Australia: Gelontorkan 3 Quadrillion Demi Saingi China untuk Kuasai India dan Wilayah Pelayaran Penting Pasifik

By Maymunah Nasution, Senin, 27 Juli 2020 | 15:48 WIB

Perdana Menteri Australia Scott Morrison

Tolak Klaim Tiongkok Atas Laut China Selatan, Terkuak Akal Bulus Australia: Gelontorkan 3 Quadrillion Demi Saingi China untuk Kuasai India dan Wilayah Pelayaran Penting Pasifik

Intisari-online.com - Menyusul Mike Pompeo yang menolak klaim Tiongkok di Laut China Selatan karena tidak sesuai dengan konvensi PBB UNCLOS 1982, Australia kini melakukan hal yang sama.

Mengutip news.com.au, Australia sedang membangun benteng, hal yang justru membuat China berang.

Tidak tanggung-tanggung, Australia gelontorkan Rp 2.808.384.064.200.000,00 atau hampir 3 Quadrillion Rupiah untuk membangun ketahanan mereka.

Perdana Menteri Scott Morrison telah putuskan untuk menghabiskan uang banyak untuk pertahanan Australia walaupun sedang krisis ekonomi.

Baca Juga: Ukraina Bergejolak Akibat Munculnya Gerakan Membangun Uni Soviet Kembali, Vladimir Putin dan Pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky Mulai Bahas Kelanjutan Negara Mereka

Uang tersebut digelontorkan ke perang siber, sistem ketahanan bawah laut, jaringan komunikasi luar angkasa, dan misil dengan jangkauan yang jauh.

Morrison ingatkan warganya jika Australia merupakan pusat ketegangan kekuatan besar di dunia.

Risiko salah perhitungan dan konflik akan meningkat berkali-kali lipat.

"Kita hidup di Indo-Pasifik, dan kita ingin Indo-Pasifik yang berdaulat, terbuka, bebas dari koersi dan hegemoni," ujarnya tanpa sebutkan ancaman tertentu.

Baca Juga: Kini Sudah Menjadi Kebiasaan Banyak Orang, Berbagi Foto Makanan di Media Sosial Ternyata Menyimpan Dampak Buruk, Wah Seperti Apa Ya?