Find Us On Social Media :

Baru Dibentuk Tapi Bisa Bikin Musuh Bertekuk, Beginilah Kehebatan Pasukan Khusus Tentara China yang Setara dengan Green Baret Amerika, Kuasai Bela Diri Tangan Kosong

By Tatik Ariyani, Sabtu, 18 Juli 2020 | 18:29 WIB

Pasukan khusus militer China

Baru Dibentuk Tapi Bisa Bikin Musuh Bertekuk, Beginilah Kehebatan Pasukan Khusus Tentara China yang Setara dengan Green Baret Amerika, Kuasai Bela Diri Tangan Kosong

Intisari-Online.com - Angkatan Bersenjata China (People Liberation Army atau PLA) baru mengakui keberadaan pasukan khususnya pada awal dasawarsa 80-an meski sudah diinisiasi sejak 1944, .

Jadi sebagai negara besar yang memiliki kekuatan militer yang juga besar, pembentukan pasukan khusus China termasuk terlambat.

Menurut mereka, baru kali itulah PLA memiliki dan merasakan fungsi pasukan khusus dalam format modern.

Selain PLA, kepolisian negara atau People Armed Police (PAP) juga punya pasukan elit tersendiri.

Baca Juga: Baru Kembali Terjadi Setelah Dua Dekade, Komposisi Kapal Induk Amerika di Laut China Selatan Ini Tunjukkan Rasa Frustasi AS dengan Polah Tiongkok

Meski begitu, kedua satuan elit tak memiliki nama spesial. Special Operation Forces hanya merupakan unit kecil dari PLA dan PAP.

PLA SOF (Special Operation Forces) pertama kali dibentuk di Wilayah Kemiliteran Guangzhou. Berawal dari grup intai, PLA Guangzhou mempertajam jadi unit reaksi cepat modern dengan misi khusus.

Pada awal 80-an, unit ini diperkenalkan ke pimpinan PLA dan segera disetujui, lalu dibentuk di seluruh (tujuh) wilayah kemiliteran China.

Setiap unit atau grup berada langsung di bawah komando markas besar PLA. Jumlah anggota lebih 1.000 personel, setingkat resimen, dan terdiri dari tiga batalion.

Baca Juga: Hubungan China-Rusia Makin Mesra, AS Perlu Waspada 3 Senjata Rusia yang Paling Canggih di Dunia Termasuk Rudal dengan Daya Ledak 130 Kali Lebih Kuat dari Bom Hiroshima