Find Us On Social Media :

Lama Diperdebatkan Karena Beratkan APBN dan Sering Salah Sasaran, Pemerintah Akhirnya Rencanakan Perubahan Skema Subsidi LPG, Pengamat: 'Bisa Langsung Menyasar'

By Maymunah Nasution, Rabu, 8 Juli 2020 | 06:00 WIB

Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Tetap Aman

Lama Diperdebatkan Karena Beratkan APBN dan Sering Salah Sasaran, Pemerintah Akhirnya Rencanakan Perubahan Skema Subsidi LPG, Pengamat: 'Bisa Langsung Menyasar'

Intisari-online.com - Skema pemberian bantuan subsidi LPG 3 kilogram direncanakan akan sedikit diubah.

Mengutip kontan.co.id, masyarakat perlu gunakan kartu untuk mendapatkan bantuan subsidi LPG 3 kilogram.

Pengamat Ekonomi Energi Universitas Gadjah Mada Fahmy Radhi menilai, subsidi LPG 3 kg umumnya tergolong besar dan sudah bertahun-tahun memberatkan APBN.

Belum lagi, selama ini distribusi LPG dilakukan secara terbuka sehingga potensi salah sasaran tinggi sekali.

Baca Juga: Ini yang Terjadi pada Otak Bila Bagian Tergeli Wanita Beri Kenikmatan

Meski beberapa kali ada wacana bahwa penyaluran subsidi LPG dilakukan secara tertutup, namun pemerintah tak kunjung menemukan formula yang tepat.

Fahmy pun menganggap, rencana pengintegrasian subsidi LPG 3 kg dengan Program Kartu Sembako merupakan langkah positif dari pemerintah.

“Jadi, subsidi bisa langsung menyasar ke masyarakat miskin yang sudah terdata,” kata dia ketika dihubungi Kontan, Selasa (7/7).

Senada, Pengamat Energi dari Reforminer Institute Komaidi Notonegoro berpendapat, perubahan skema penyaluran subsidi LPG 3 kg dengan menggunakan kartu akan memperbaiki kualitas kebijakan tersebut di masa mendatang.

Baca Juga: Sudah Meninggal dan Dimakamkan Khusus Covid-19, 3 Jenazah Ini Justru Diklaim Negatif Corona Sampai Makam Harus Dibongkar, Rupanya Karena Hal yang Bikin Geleng-geleng Kepala Ini