Find Us On Social Media :

Tokopedia Bocor Lagi, Email dan Nomor Ponsel Penggunanya Beredar Luas di Medsos, Sungguh Berbahaya Karena Bisa Disalahgunakan

By Maymunah Nasution, Selasa, 7 Juli 2020 | 07:00 WIB

Tokopedia

Intisari-online.com - Setelah sempat dijual di internet, bocoran data 91 juta pengguna Tokopedia muncul lewat link unduhan di sebuah grup Facebook.

Bocoran data ini antara lain berisi informasi e-mail, nama lengkap, dan nomor ponsel puluhan juta pengguna tersebut.

Lewat pernyataan tertulis, pihak Tokopedia menegaskan bahwa informasi password pengguna dilindungi dengan enkripsi, sehingga sulit dibuka oleh pihak lain, kalaupun bocor.

"Kami telah melaporkan hal ini ke pihak kepolisian dan juga mengingatkan seluruh pihak untuk menghapus segala informasi yang memfasilitasi akses ke data yang diperoleh melalui cara yang melanggar hukum," ujar VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak.

Baca Juga: Getir Kehidupan Vladimir Putin, Meski Berambisi Menjadi Diktator dan Pemimpin Abadi Rusia, Ia Justru Mati-matian Jauhkan Kehidupan Anaknya dari Media, Bahkan dari Dirinya Sendiri, Betapa Sepi!

Meski demikian, Chairman Lembaga Riset Siber Indonesia Communication and Information System Security Research Center (CISSReC) Pratama Persadha mengatakan bahwa nomor ponsel, nama, dan e-mail yang kadung bocor juga dapat digunakan untuk tindak kejahatan.

Pratama mencontohkan kejahatan phising atau scam.

Dengan informasi nama dan nomor ponsel/e-mail, seseorang menghubungi korban dengan mengaku sebagai pihak Tokopedia, kemudian meminta uang atau coba mendapatkan informasi sensitif seperti password.

"Lebih dari itu, nomor-nomor tersebut sangat rentan disalahgunakan untuk tindak kejahatan serius dan berdampak luas, seperti menyebarkan hoaks," ujar Pratama kepada KompasTekno lewat pesan singkat, Minggu (5/7/2020).

Baca Juga: Dianggap Tak Lagi Mengancam Manusia, Donald Trump Sebut 99% Kasus Covid-19 Sama Sekali Tidak Berbahaya Meski 2,8 Penduduknya Terinfeksi