Find Us On Social Media :

Masih Ingat Pembunuhan Sadis Jurnalis Jamal Khashoggi? Sidang Dibuka, 2 Pembantu Putra Mahkota Saudi Jadi Terdakwa

By Tatik Ariyani, Sabtu, 4 Juli 2020 | 12:46 WIB

Jamal Khashoggi yang dikenal kritis terhadap pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Intisari-Online.com - Jurnalis Arab saudi, Jamal Khashoggi, dibunuh di dala konsulat Kerajaan Arab Saudi di Kota Istanbul, Turki pada 2 Oktober 2018 lalu.

Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman diduga terlibat dalam pembunuhan ini.

 

Kabar terbaru, Pengadilan Turki telah membuka persidangan 20 warga negara Saudi yang didakwa atas pembunuhan Khashoggi.

Al Jazeera melaporkan, persidangan dimulai di pengadilan utama provinsi Istanbul di distrik Caglayan pukul 10:00 waktu setempat (07:00 GMT) pada Jumat (3/7).

Baca Juga: 'Menuhankan' Ekonomi, Negara-negara Ini Pilih Cabut 'Lockdown' Lebih Awal, Grafik Ini Tunjukan Betapa Mematikan Dampaknya

Khashoggi, kolumnis Washington Post yang berusia 59 tahun, terbunuh di konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018, setelah ia memasuki tempat itu untuk mendapatkan dokumen pernikahan yang direncanakannya.

Para pejabat Turki mengatakan, tubuh Khashoggi dimutilasi di konsulat oleh para pembunuh dan jenazahnya belum ditemukan.

Pada bulan Maret 2019, jaksa penuntut Turki mendakwa 20 warga negara Saudi atas pembunuhan Khashoggi, termasuk dua mantan pembantu senior Pangeran Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS), penguasa de facto kerajaan Saudi.

Menurut surat dakwaan itu, mantan wakil kepala intelijen Arab Saudi Ahmed al-Assiri dituduh membentuk tim pembunuh dan merencanakan pembunuhan Khashoggi.

Baca Juga: Aneh, Seluruh Laki-laki di Sebuah Kampung di Sumatera Utara Ini Tiba-tiba Menghilang Tanpa Jejak, Ternyata Ini Fakta Sebenarnya