Find Us On Social Media :

Negara ini Sudah Hampir Lumpuh Karena Covid-19 Sampai Presidennya Disebut Pembunuh, Rupanya Tanda Virus Corona Sudah Ada di Parit-parit Kota

By May N, Sabtu, 4 Juli 2020 | 07:50 WIB

 

Intisari-online.com - Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh virus Corona jenis baru, mungkin muncul jauh sebelum kasus pertama merebak.

Tidak hanya di Eropa yang temukan sampel virus Corona Oktober-November 2019, rupanya di negara ini ditemukan hal yang sama.

Mengutip South China Morning Post, peneliti di Brasil katakan mereka telah mendeteksi virus Corona jenis baru di sampel parit November silam.

Kesimpulan datang hanya beberapa hari setelah ilmuwan di Spanyol temukan virus tersebut di sampel air comberan yang dikumpulkan pada Maret 2019.

Baca Juga: Curiga 17 Kantong Plasti Besar Berceceran di Dekat Sumber Air Panas, Saat Dibuka Warga Terkejut Isinya Sesuatu yang Mengerikan Ini

Itu membuat semua sadar jika virus menyebar dalam diam sebelum alarm muncul dari China akhir Desember lalu.

"Virus menyebar dalam komunitas selama beberapa bulan lebih awal dari kasus pertama yang dilaporkan wilayah regional, nasional atau dalam otoritas Amerika-Panama," sebut Gislaine Fongaro dari Federal University of Santa Catarina.

Hal tersebut ia sebutkan dalam artikel ulasan non-sejawat yang diunggah di situs medRxiv.org Senin kemarin.

Studi Fongaro didasarkan dari sampel yang dikoleksi dari air comberan saluran pembuangan di Florianopolis, kota pantai di Brasil selatan.

Baca Juga: Gegara Hidupnya Hanya Tinggal 12 Jam, Pria Ini Akhirnya Nekat untuk Memilih Hidup Tanpa Jantung, Ini Alat yang Digunakannya