Find Us On Social Media :

Tak Terima Peneliti Sebut Virus Flu Babi G4 Berpotensi Jadi Pandemi, Ini yang Dikatakan China

By Tatik Ariyani, Rabu, 1 Juli 2020 | 18:50 WIB

Ilustrasi babi

Intisari-Online.com - Sebuah galur (strain) virus flu baru diidentifikasi sejumlah ilmuwan di China. Virus ini bahkan disebut berpotensi menjadi pandemi.

Oleh para ilmuwan, virus ini dinamakan G4 EA H1N1 (disingkat G4).

Galur virus itu diketahui dibawa oleh babi dan dapat menjangkiti manusia.

Para peneliti mengatakan, virus G4 memiliki semua tanda untuk menular ke manusia sehingga perlu pengawasan ketat agar tidak memicu pandemi berikutnya.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Flu Babi Jenis Baru Berpotensi Jadi Pandemi, Salah Satunya Lantaran Diduga Lebih Menular dari Pendahulunya

Pemerintah China pada Rabu (1/7/2020) membantah ancaman galur baru virus flu babi G4 yang dianggap berpotensi menjadi wabah.

Dilansir media Perancis, AFP, pemerintah China mengatakan studi tersebut tidak representatif.

Wabah virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 10 juta orang di dunia, pertama kali muncul di China dan dipercaya sebagai virus yang berpindah dari kelelawar ke manusia melalui hewan perantara yang masih belum diketahui.

Galur baru virus flu babi yang ditemukan di China, berdasarkan studi yang dipublikasikan pada Senin kemarin di jurnal sains AS telah memenuhi beberapa kriteria yang memungkinkan virus itu mampu berpindah ke manusia dan meningkatkan kekhawatiran akan pandemi baru.

Baca Juga: Penghulu Auto Keheranan, Pria Ini Nikahi Pasangannya dengan Mahar Rp500 Perak Saja, Netizen Justru Salut dan Beri Komentar Begini