Find Us On Social Media :

Kasus Langka, Idap Penyakit Ini, Seorang Pria Tidak Dapat Membedakan Angka 2 hingga 9

By Tatik Ariyani, Rabu, 24 Juni 2020 | 14:29 WIB

Ilustrasi angka

Intisari-Online.com - Beberapa penyakit yang ada di dunia ini terasa begitu aneh, salah satunya orang yang tak bisa mengenali angka 2 hingga 9.

Para ilmuwan di Johns Hopkins University baru-baru ini melaporkan kasus aneh tentang seorang pria memiliki penyakit otak degeneratif yang langka.

Penyakit itu membuatnya tidak dapat membedakan bilangan dasar dari 2 hingga 9.

Melansir Oddity Central, Selasa (23/6/2020), setelah mempelajari seorang ahli geologi teknik yang didiagnosis dengan penyakit otak degeneratif langka yang disebut sindrom kortikobasal selama delapan tahun, para peneliti menerbitkan sebuah studi yang mereka klaim menunjukkan bahwa respons otak terhadap gambar atau kata tidak selalu berarti bahwa orang itu menyadarinya.

Baca Juga: Bolak-balik Masuk Penjara, Ternyata John Kei Miliki Kekayaan Miliaran Rupiah hingga Punya 600 Anak Buah, 'Jika Saya Suruh Pergi ke Neraka, Mereka Pergi ke Neraka'

Protagonis dari penelitian mereka telah menderita kerusakan neurologis sedemikian rupa sehingga dia tidak bisa membedakan atau mereproduksi angka antara 2 dan 9, atau gambar atau kata-kata dengan angka-angka tersebut tertanam di dalamnya.

Namun, hasil electroencephalography (EEG) menunjukkan bahwa otaknya mampu mengidentifikasi semua gambar dan kata-kata, bahkan jika dia tidak menyadarinya.

"Ketika dia melihat angka, otaknya harus 'melihat' bahwa itu adalah angka sebelum dia tidak bisa melihatnya - ini adalah paradoks nyata," kata ilmuwan kognitif Universitas Johns Hopkins Michael McCloskey.

"Dalam makalah ini yang kami lakukan adalah mencoba menyelidiki proses apa yang terjadi di luar kesadarannya."

Baca Juga: Bolak-balik Masuk Penjara, Ternyata John Kei Miliki Kekayaan Miliaran Rupiah hingga Punya 600 Anak Buah, 'Jika Saya Suruh Pergi ke Neraka, Mereka Pergi ke Neraka'