Find Us On Social Media :

Siaga Perang, Angkatan Laut AS Siapkan Operasi Tempur dengan Dua Kapal Perang di Laut China Selatan

By Tatik Ariyani, Selasa, 23 Juni 2020 | 09:22 WIB

Ilustrasi kapal induk AS

Intiari-Online.com - Wilayah Laut China Selatan terus menjadi rebutan beberapa negara, khususnya China dan Amerika Serikat.

Belakangan, ketegangan kedua negara semakin meninggat di wilayah tersebut.

Angkatan Laut AS sedang mempersiapkan serangan yang ekspansif dari dua kapal perang di Pasifik dengan menghubungkan kapal induk USS Theodore Roosevelt dan USS Nimitz Carrier Strike Groups untuk operasi gabungan di dekat Selat Taiwan dan Laut China Selatan.

Latihan ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa proyeksi daya kapal perang AS dalam kondisi siap, mampu dan sangat fungsional jika diperlukan untuk meluncurkan operasi tempur terkoordinasi di daerah tersebut.

Baca Juga: Covid Hari Ini 23 Juni 2020: Tidak Harus Tunjukkan Hasil Tes Swab Negatif, WHO Perbarui Kriteria Pasien Sembuh Covid-19, Apa Alasannya?

Melansir The National Interest, Komandan Angkatan Laut merujuk latihan ini sebagai upaya khusus untuk mempertahankan "kesiapan" di wilayah yang sangat rentan dan bertekanan tinggi.

Dia juga mengakui ketegangan yang terjadi antara AS-Tiongkok saat ini.

"Ini adalah kesempatan besar bagi kita untuk berlatih bersama dalam skenario yang kompleks," jelas Laksamana Muda Doug Verissimo, komandan Carrier Strike Group (CSG) 9, mengatakan dalam laporan Angkatan Laut seperti yang dikutip dari The National Interest.

Dia menambahkan, "Dengan bekerja bersama dalam lingkungan ini, kami meningkatkan keterampilan taktis dan kesiapan kami dalam menghadapi wilayah yang semakin tertekan dan Covid-19."

Baca Juga: Bikin Video TikTok, 2 Gadis ini Temukan Koper, Berharap Isinya Uang, Tapi Saat Dibuka Isinya Justru Sesuatu yang Mengerikan ini