Find Us On Social Media :

Covid Hari Ini 22 Juni 2020: Lebih Praktis, Pengujian Virus Corona Tanpa Swab Sedang Diujicoba di Inggris

By Tatik Ariyani, Senin, 22 Juni 2020 | 17:38 WIB

Ilustrasi uji swab yang mengambil sampel dari hidung

Intisari-Online.com - Hingga Senin (22/6/2020), jumlah kasus virus corona di dunia telah mencapai 9.035.375 (9,03 juta) kasus, seperti dilansir dari laman Worldometers.

Dari jumlah tersebut, ada 469.581 kasus kematian dan 4.796.077 (4,8 juta) pasien dinyatakan sembuh.

Hingga kini, kasus terbanyak masih dicatatkan oleh AS dengan lebih dari 2 juta kasus, disusul Brazil, Rusia, India, dan Inggris.

Kondisi pandemi dan jumlah kasus pun masih terus mengalami perkembangan dari hari ke hari.

Baca Juga: Bukan Hanya Punya Penyakit Bawaan, Pasien Covid-19 Ternyata Bisa Rentan Meninggal Gara-gara Hal Sepele Ini

Sementara itu, rejimen pengujian virus corona menggunakan tes air liur “tanpa swab” sedang diujicobakan di Southampton, Inggris selatan.

Dikatakan pemerintah Inggris, proses ini dapat menghasilkan cara yang lebih sederhana dan lebih cepat untuk mendeteksi wabah virus.

“Pengujian air liur berpotensi membuat orang lebih mudah untuk melakukan tes coronavirus di rumah, tanpa harus menggunakan penyeka,” kata Menteri Kesehatan Matt Hancock dikutip dari Reuters.

“Uji coba ini juga akan membantu kita mengetahui apakah pengujian rutin di rumah dapat menemukan kasus virus lebih awal.”

Baca Juga: Pemerintahannya di Ujung Tanduk karena Kasus Covid-19, Presiden Ini Malah Pamer Kemesraan dengan Militer, Seolah Menantang Rakyatnya Sendiri