Find Us On Social Media :

Uang Logam Kelapa Sawit Tidak Ada Apa-apanya, Nyatanya BI Pernah Terbitkan Uang Logam yang Nilainya Jauh Lebih Tinggi, Terbuat dari Emas!

By Tatik Ariyani, Senin, 22 Juni 2020 | 12:35 WIB

Uang koin Rp 1.000 gambar kelapa sawit yang viral

Intisari-Online.com - Belakangan, warga net dihebohkan dengan munculnya uang koin Rp 1.000 emisi 1993 dibanderol dengan harga fantastis. Nilainya bahkan sampai Rp 100 juta.

Kolektor uang lama atau numismatik kolektor, Nazym Otie Kusardi, mengatakan, harga yang dibanderol itu tak wajar.

Hal itu viral di media sosial setelah adanya unggahan tangkapan layar sebuah uang logam nominal Rp 1.000 bergambar kelapa sawit dibanderol dengan harga fantastis, yakni di atas Rp 100 juta di kalangan kolektor.

Bank Indonesia ( BI) menyebutkan kalau uang logam pecahan Rp 1.000 tahun emisi 1993 itu masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah karena belum dicabut dan ditarik dari peredaran.

Baca Juga: Inilah Pedang Damaskus, Pedang Salahuddin Al-Ayyubi Legendaris yang Tertajam dan Paling Kuat di Dunia, Konon Dapat Membelah Ringan Sapu Tangan Sutra yang Mengapung di Udara

Sebagai alat pembayaran yang sah, nilai tukar uang koin kelapa sawit itu sama dengan nominalnya, yaitu Rp 1.000.

Terlepas dari viral tangkapan layar uang koin bergambar sawit yang dijual mahal tersebut, sebenarnya BI juga beberapa kali menerbitkan sejumlah uang koin edisi khusus yang nilainya terbilang tinggi.

Dikutip dari data dari koleksi Museum Bank Indonesesia, Senin (22/6/2020), uang koin termahal yang pernah diterbitkan bank sentral itu yakni uang logam emas pecahan Rp 850.000.

Tingginya nominal uang koin ini wajar, mengingat bahan pembuatannya berasal dari emas.

Baca Juga: 10 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan, Baik untuk Kesehatan Jantung!