Find Us On Social Media :

Beda dengan Wajib Militer, Tinggal Selangkah Lagi Prabowo Akan Punya Pasukan Komcad, Akan Sangat Membantu TNI

By Tatik Ariyani, Sabtu, 20 Juni 2020 | 15:45 WIB

Ilustrasi (Sat 81 Gultor Kopassus dan Prabowo)

Intisari-Online.comKomponen Cadangan (Komcad) adalah sebuah pasukan cadangan militer atau sebuah organisasi militer yang terdiri dari warga negara yang menggabungkan peran militer dengan karier sipil.

Komponen cadangan untuk melawan ketika suatu negara untuk memobilisasi perang total atau untuk mempertahankan diri dari invasi. 

Dirjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Bondan Tiara Sofyan mengatakan, masyarakat sipil akan mendapat keterampilan dasar militer hingga uang saku jika bergabung dalam Komponen Cadangan (Komcad) Pertahanan Negara.

Menurut Bondan, program Komponen Cadangan (Komcad) yang melibatkan masyarakat sipil dalam pertahanan negara bukan upaya negara menggelar wajib militer.

Baca Juga: Ini 4 Alasan untuk Membiarkan Anak Tidak Diberi Obat Penurun Panas

Melansir Antara, Kemenhan saat ini menunggu Presiden Joko Widodo menerbitkan peraturan pemerintah terkait dengan pelaksanaan program Komcad yang pelaksanaannya pada pertengahan tahun 2020.

"Jadi, komponen cadangan ini untuk pertama kalinya diatur secara legal, memiliki dasar hukum kuat dan akan dioperasionalkan. PP-nya masih dalam proses, sudah selesai harmonisasi sekarang masih dalam pembahasan akhir di Setneg," kata Bondan.

Pelaksanaan program Komcad berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional(PSDN).

Kemenhan yang dipimpin Prabowo Subianto akan menggelar sosialisasi dan pembukaan pendaftaran Komcad jika PP sudah diterbitkan.

Baca Juga: Penemuan Besi Berkarat Bikin 15.000 Orang di Jerman Harus Dievakuasi, Rupanya Sebegini Bahayanya Benda Itu