Find Us On Social Media :

Terkait Konflik Laut China Selatan, Indonesia Telah Tegaskan Posisinya dan Tolak Tawaran China, 'Tak Ada yang Bisa Dinegosiasikan dengan China'

By Mentari DP, Sabtu, 20 Juni 2020 | 17:45 WIB

Konflik Laut China Selatan.

Intisari-Online.com - Di tengah memanasnya kondisi Laut China Selatan, pemerintah Indonesia telah menegaskan kembali posisinya.

Hal ini sesuai aturan hukum internasional melalui catatan diplomatik yang ditujukan kepada PBB.

Dilansir dari channelnewsasia.com pada Sabtu (20/6/2020), pemerintah Indonesia dilaporkan telah menolak tawaran China untuk mengadakan pembicaraan bilateral mengenai masalah ini.

Baca Juga: Sudah Berusia 94 Tahun, Tapi Mahathir Mohamad Masih Ingin Jadi Pemain di Politik Malaysia, 'Bagi Saya, Ini Adalah Tugas'

Dalam catatan diplomatik tertanggal 26 Mei 2020, Indonesia menegaskan kembali bahwa pihaknya bukan pihak yang berselisih dengan wilayah di Laut China Selatan.

Ditambahkan bahwa peta garis sembilan garis yang digunakan China sebagai dasar untuk klaimnya di perairan tersebut tidak memiliki dasar hukum internasional.

Beijing merespons dengan mengirim catatan diplomatik yang menunjukkan bahwa tidak ada sengketa wilayah antara China dan Indonesia di Laut China Selatan.

Baca Juga: Hampir 15 Jam, Ibu Muda Ini Pilih Melahirkan dalam Air di Rumahnya Sendiri Karena Takut Terinfeksi Virus Corona Jika Pergi ke Rumah Sakit