Find Us On Social Media :

Dikira Bangun Stasiun Cuaca Nyatanya China Bikin Pangkalan Militer Modern di Pasifik, Jaraknya Cukup Dekat dengan Wilayah Kedaulatan Indonesia!

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 17 Juni 2020 | 18:00 WIB

Pangkalan militer China yang dibangun cukup dekat dengan WIlayah Kedaulatan Indonesia.

Intisari-Online.com – Beberapa waktu lalu China mengklaim atas Laut Cina Selatan.

Hingga akhirnya ini berimbas pada penguatan kekuatan militer negeri Tirai Bambu tersebut.

Karena klaim China di Laut Cina Selatan tersebut, mereka harus berhadapan dengan Vietnam, Filipina, Malaysia, Taiwan serta Brunei agar bisa mengukuhkan klaimnya.

Untuk keperluan tersebut akhirnya China sesegera mungkin membangun postur angkatan perangnya agar kuat.

Baca Juga: 'Menjajah' Negara-negara Lain dengan Beri Pinjaman yang 'Mustahil' Dilunasi, Beginikah Taktik Licik China untuk Rebut Aset dan Bangun Pangkalan Militer?

Selain membangun berbagai alutsista, China juga harus menjaga kehadiran mereka di kawasan sengketa dengan melakukan patroli baik dari AL maupun Coast Guardnya.

Selain itu China juga membangun berbagai pangkalan militer di sana dan salah satunya bernama Fiery Cross Reef atau Yongshu Reef.

Mengutip Time, Fiery Cross Reef ialah terumbu karang yang terletak di Kepulauan Spratly.

Awal mula bercokolnya China disitu saat UNESCO pada tahun 1987 sepakat agar negeri Panda membangun Sistem Pengamatan Permukaan Laut Global (GLOSS).

Baca Juga: Jika Terjadi Perang di Laut China Selatan, Kekuatan Militer China Sungguh Sulit Ditandingi Negara-negara Asia Tenggara, Lihat Saja Pangkalan Militernya!