Find Us On Social Media :

Kabar Baik, Ilmuwan Umumkan Anjing Bisa Mengendus Covid-19 Pada Tubuh Manusia, Begini Cara Kerjanya!

By Afif Khoirul M, Minggu, 7 Juni 2020 | 15:43 WIB

Ilustrasi anjing bisa mengendus covid-19 dari tubuh manusia.

Intisari-online.com - Saat ini kita hanya bisa mengetahui Covid-19 melalui swab tes maupun rapid tes.

Namun baru-baru ini, ilmuwan umumkan penemuan baru bahwa Covid-19 bisa dideteksi oleh endusan anjing.

Melansir Asia One pada Minggu (7/6/2020), para peneliti dari National Veterinary School di Alfort, menantang 8 anjing gembala Malinois, Belgia untuk mengidentifikasi pasien Covid-19 dari sampel bau.

Semuanya diambil dari ketiak lebih dari 360 subyek, baik yang sehat maupun yang menderita Covid-19.

Baca Juga: Sebut Virus Corona Tak Ada, Pemuda Ini Mengaku Siap Dirawat Bareng Pasien Positif Covid-19, Bahkan Tantang Tim Gugus Tugas untuk Menangkapnya, Begini Nasibnya Sekarang

Tingkat keberhasilan bervariasi, dari 83 persen hingga 100 persen, menurut makalah yang diterbitkan pada Jumat (5/6), di Biorxiv.org.

"Kami menyimpulkan, bahwa ada bukti, anjing dapat mendeteksi Covid-19," kata Profesor Dominique Grandjean, yang merupakan bagian dari penelitian.

Menurut Science, hidung anjing sekitar 100 juta kali lebih sensitif daripada manusia, penelitian sebelumnya menunjukkan kemampuan mereka untuk mengendus berbagai penyakit, termasuk kanker.

Tim Grandjean memilih anjing dari departemen layanan darurat di Paris dan Carsica dan dari pusat pelatihan anjing di Beirut, Lebanon.

Baca Juga: Iming-imingi Anaknya akan Diberi Vaksin Covid-19, Ayah ini Ternyata Jebak Anaknya untuk Dipotong Organ Intimnya