Find Us On Social Media :

'Ngebet' Tapi Ragu-ragu, Inilah ADIZ, Proyek Pemuas Ketamakan China akan Laut China Selatan, Ternyata Sudah Disiapkan Sejak Tahun Ini

By Ade S, Senin, 1 Juni 2020 | 12:10 WIB

Saking Kayanya, Jika Laut China Selatan Jadi Negara, Nilai Perdagangannya Saja Jauh Lebih Besar dari PDB Indonesia, Sementara Cadangan Minyak dan Gas Buminya Bisa Jadi yang Terbesar di Dunia, Lihat Angka-angkanya yang 'Menggiurkannya' Ini!

Intisari-Online.com - Rencana China untuk menguasai Laut China Selatan ternyata sudah disusun sangat lama.

Namun, di tengah hasrat menggebu untuk berkuasa di wilayah yang secara resmi bukan miliknya tersebut, China terpaksa menahan diri untuk beraksi.

Perlahan tapi pasti, sebuah proyek yang kemudian diberi kode nama ADIZ Beijing ini pun mulai dianggap siap untuk dilancarkan seperti saat ini.

Berikut ini ulasannya.

Baca Juga: 'Siapkan yang Terburuk', Terungkap Rencana China Pertahankan Laut China Selatan yang Sudah 'Digodok' Selama 10 Tahun, Sekarang Libatkan Pesawat Mematikan Ini

Orang dalam militer China membocorkan, Beijing telah membuat rencana untuk zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) di Laut China Selatan sejak tahun 2010.

Ini merupakan tahun yang sama di mana China juga mempertimbangkan untuk pengenalan kontrol wilayah udara yang sama di Laut China Timur.

Langkah ini menuai banyak dikritik di seluruh dunia.

Seorang sumber South China Morning Post yang merupakan anggota Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) membocorkan, ADIZ yang diusulkan meliputi rantai pulau Pratas, Paracel, dan Spratly di jalur air yang disengketakan.

Baca Juga: TNI AL Akhirnya Bongkar Cara China Menangi Persaingan di Laut China Selatan, Pantas Saja China Jumawa dan Sewenang-wenang di Perairan Orang