Find Us On Social Media :

Keunikan Hewan Penguin Raja 'Emperor Penguin' Keluarkan 'Gas Tawa', Ilmuwan Sampai Mabuk Dibuatnya, Tapi Bisa Sebabkan Hal Mengerikan Pada Bumi

By Maymunah Nasution, Minggu, 17 Mei 2020 | 08:00 WIB

Pulau Georgia Selatan. Sebanyak sejuta penguin raja, masing-masing berdiri setinggi tiga kaki, bahu-

Intisari-online.com - Hal tak terduga terjadi pada sekelompok peneliti yang melakukan studi pada penguin raja dan pencairan gletser di Antartika.

Saat sedang bekerja di antara kotoran penguin tersebut, seorang peneliti tiba-tiba tertawa cekikikan, mengalami pusing dan mulai merasa sakit kepala.

Ternyata apa yang dialami peneliti tersebut merupakan efek dari dinitrogen oksida (nitrous oxide) alias gas tawa yang memang dihasilkan dari kotoran penguin, salah satunya penguin Guano.

Para peneliti tengah mempelajari koloni penguin raja di pulau Atlantik Georgia Selatan antara Amerika Selatan dan Antartika, beberapa lama melakukan penelitian mereka tampak tertawa-tawa di sekitar kotoran penguin.

Baca Juga: Inilah Alasan Israel Diprediksi Bisa Memulai Perang Dunia Ketiga, Kekuatan Hancurkan Lawannya Tidak Main-main

"Kotoran penguin menghasilkan dinitrogen oksida tingkat tinggi di sekitar koloni mereka," ungkap Professor Bo Elberling, peneiti dari University of Copenhagen, melansir Science Alert, Sabtu (16/5/2020).

Gas tawa berasal dari makanan penguin

Dinitrogen oksida yang dihasilkan itu berasal dari makanan penguin yang selama ini dikonsumsi, seperti krill dan berbagai jenis ikan yang mengandung kadar nitrogen tinggi.

Setelah buang air besar, nitrogen yang dilepaskan ke tanah kemudian diubah menjadi dinitrogen oksida oleh bakteri-bakteri.

Baca Juga: Terjebak di Dalam Sumur 12 Meter, Hewan Malang Ini Hanya Bisa Menangis, Ratapannya Didengar Manusia yang Kemudian Berusaha Menyelamatkannya, Heroik!