Find Us On Social Media :

Lockdown Telah Dilonggarkan, Tapi Warga Filipina Tetap Enggan Keluar Rumah, Alasannya Tunjukkan Kesadaran di Negara Lumbung Padi Itu Tinggi?

By Khaerunisa, Sabtu, 16 Mei 2020 | 18:58 WIB

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte.

Intisari-Online.com - Umumnya setiap orang yang tinggal di tempat-tempat terdampak Covid-19 berharap agar pandemi ini segera berakhir kemudian bisa beraktivitas kembali seperti biasanya.

Bekerja, jalan-jalan, liburan, berkumpul bersama teman-teman, dan berbagai aktivitas luar lainnya.

Baik orang-orang di negara yang menerapkan lockdown maupun tidak, selama beberapa bulan terakhir ini terus berupaya berada di rumah.

Namun ternyata, meski lockdown telah dilonggarkan oleh pemerintah, warga Filipina tetap menahan diri dan enggan keluar rumah, kenapa ya?

Baca Juga: Banyak Negara Mulai Longgarkan Lockdown dan Prediksi Pandemi Ini Akan Segera Berakhir, Ini Beberapa Tanda di Dunia yang Menunjukkan Akhir dari Covid-19

Filipina telah mengambil kebijakan lockdown atau penguncian wilayah selama 2 bulan ini akibat wabah virus corona.

Meski saat ini pemerintah telah melonggarkan kebijakan lockdown, namun banyak penduduk yang enggan keluar rumah dan memilih tidak mau mengambil risiko di dunia luar.

Dilansir SCMP, Jumat (15/5/2020), Presiden Filipina Rodrigo Duterte melarang warganya meninggalkan rumah kecuali untuk melakukan hal yang diperlukan, seperti berbelanja makanan sejak Maret silam.

Toko dan bisnis yang tidak penting ditutup. Penjualan minuman keras juga dilarang.