Find Us On Social Media :

Di Balik 'Kedermawanan' Mafia Italia yang Ulurkan Bantuan Melimpah saat Pandemi Corona, Suatu Hari Masyarakat Harus Membayar dengan Ini

By Tatik Ariyani, Minggu, 10 Mei 2020 | 14:31 WIB

Ilustrasi mafia

Intisari-Online.com - Di tengah pandemi virus corona, mafia- mafia Italia tetap bergerak  dan "berbisnis" dengan hasil jutaan euro.

Menurut laporan BBC pada Selasa (5/5/2020), banyak orang Italia merasa tidak punya pilihan selain menerima bantuan hidup dari gerombolan kriminal itu.

Misalnya, di Sisilia, saudara lelaki seorang anggota mafia membagikan makanan kepada warga miskin di Palermo dan sekitarnya.

"Orang-orang menelepon saya dan menangis di telepon," katanya.

Baca Juga: Tajir Melintir Hingga Kerap Sewa Artis Hollywood Untuk Kencan, Milyader Asal Malaysia Ini Nasibnya Berakhir Tragis dan Hidup dalam Pelarian

"Mereka mengatakan anak-anak tidak bisa makan. Seorang wanita muda menelepon saya tiap hari. Dia punya 5 anak dan tidak tahu bagaimana memberi makan mereka."

Ia tidak mengonfirmasi dirinya adalah bagian dari mafia, tetapi jika menjadi seorang mafioso berarti membantu orang, maka dia "bangga menjadi seorang mafioso."

Pandemi virus corona adalah hal baru, tetapi membagikan paket makanan kepada yang membutuhkan adalah taktik mafia lama.

"Tujuannya adalah untuk mendapatkan kredibilitas dan masuk sebagai alternatif negara," kata Nicola Gratteri seorang penyelidik anti-mafia dan kepala kantor kejaksaan di Catanzaro, Calabria.

Baca Juga: Makin Serakah, China Sekarang Larang Penangkapan Ikan di Laut China Selatan, Dua Negara Ini Protes Keras