Find Us On Social Media :

Pesawat Bomber Siluman Jarak Jauh Terbaru China Siap Rilis, Namun Cemas Akan Hal Ini

By Tatik Ariyani, Selasa, 5 Mei 2020 | 07:30 WIB

Presiden China Xi Jinping

Intisari-Online.com - China kemungkinan siap untuk pengiriman pesawat bomber strategis generasi baru tahun ini.

Namun, Beijing disebut-sebut tengah menimbang dampak perilisannya pada waktu yang kompleks terkait hubungan regional karena pandemi virus corona.

Melansir South China Morning Post, sumber-sumber militer China mengatakan, pesawat bomber siluman supersonik Xian H-20 -yang diperkirakan akan menggandakan jangkauan serangan negara itu- dapat membuat penampilan publik pertamanya di Zhuhai Airshow tahun ini pada November, jika pandemi corona cukup terkendali.

"Zhuhai Airshow diharapkan menjadi platform untuk mempromosikan citra China dan keberhasilannya dalam pengendalian pandemi - memberi tahu dunia luar bahwa penularannya tidak berdampak besar pada perusahaan industri pertahanan China," kata sebuah sumber kepada South China Morning Post.

Baca Juga: Virus Corona 'Mengamuk' di Rusia, Kasus Harian Tembus hingga 10.000, Rekor Kenaikan Tertinggi Negara Itu

Hanya saja, lanjutnya, penampilan pesawat bomber di pertunjukan udara tahun ini dapat meningkatkan ketegangan secara langsung karena mengancam negara-negara yang berada dalam jangkauan serangannya, terutama Australia, Jepang dan semenanjung Korea.

"Pemimpin Beijing masih sangat hati-hati dalam mempertimbangkan apakah komisinya akan mempengaruhi keseimbangan regional, terutama karena ketegangan regional telah meningkat atas pandemi Covid-19," kata sumber lain.

Dia menambahkan, "Seperti rudal balistik antarbenua, semua pengebom strategis dapat digunakan untuk mengirimkan senjata nuklir ... jika China mengklaim telah mengejar kebijakan pertahanan nasional yang murni bersifat defensif, mengapa China membutuhkan senjata ofensif seperti itu?"

Baca Juga: Sebut AS Sebagai Pembuat Onar, China Siaga Tinggi di Laut China Selatan