Find Us On Social Media :

Hari Bumi: Masih Sering Disangkal, Faktanya Perubahan Iklim Pernah Binasakan Lima Peradaban Kuno di Dunia, Termasuk yang Sering Dianggap Sudah Sangat Maju

By Ade S, Rabu, 22 April 2020 | 12:18 WIB

Hari Bumi: Masih Sering Disangkal, Faktanya Perubahan Iklim Pernah Binasakan Lima Peradaban Kuno di Dunia, Termasuk yang Sering Dianggap Sudah Sangat Maju

Intisari-Online.com - Salah satu topik yang saat ini akrab dibicarakan ketika kita memeringati hari Bumi adalah mengenai perubahan iklim.

Suatu kondisi yang membuat berbagai hal di muka Bumi, tak hanya iklim, berubah. Sayangnya sebagian besar perubahan mengarah kepada hal yang buruk.

Meski beberapa pihak masih aja meragukannya, faktanya perubahan iklim memang bisa membinasakan kehidupan manusia.

Di masa lampau, ada banyak peradaban-peradaban kuno yang runtuh akibat tak mampu bertahan dari gempuran perubahan iklim. Berikut di antaranya:

Peradaban leluhur Pueblo, Amerika kuno

Leluhur Pueblo, yang dijuluki Anasazi oleh suku Navajo merupakan salah satu contoh peradaban yang punah karena perubahan iklim. Setelah mendominasi dataran tinggi Colorado di tempat-tempat seperti Chaco Canyon dan Mesa Verde, bangsa Pueblo meninggalkan rumah khas mereka sekitar abad ke 12 hingga 13 dan tak jelas mengapa mereka pergi.

Ada bukti-bukti peperangan, pengorbanan manusia dan kanibalisme. Namun, banyak ilmuwan berspekulasi bahwa lingkungan yang rusak akibat perubahan iklim merupakan penyebab utama kepergian mereka.

Menurut NOAA bidang Paleoklimatologi, penurunan populasi bangsa Pueblo di Mesa Verde dan Chaco Canyon bertepatan dengan musim kemarau berkepanjangan yang terjadi di San Juan Basin antara tahun 1130 dan 1180.

Baca Juga: Hari Bumi: Foto-foto Ini Seolah Buktikan Bahwa Bumi Kian 'Menderita' dan Sudah Berada pada 'Akhir' Keberadaannya