Find Us On Social Media :

Pedagang Pasar Gede Solo Dikejutkan oleh Kemunculan Banyak Cacing dari Tanah, Begini Penjelasan Ahli, Ada Kaitannya dengan Aktivitas Gunung Berapi?

By Khaerunisa, Minggu, 19 April 2020 | 09:20 WIB

Kemunculan cacing dalam jumlah banyak di Pasar Gede Solo

Intisari-Online.com - Kemunculan cacing tanah dalam jumlah banyak di Pasar Gede Solo, Jawa Tengah, mengagetkan para pedagang, Sabtu (18/4/2020).

Meski telah disapu oleh seorang pedagang, namun cacing-cacing itu terus saja keluar dari tanah mulai pagi hingga siang hari.

Kejadian ini disebut baru pertama kali terjadi di Pasar Gede.

 Pakar Lingkungan Hidup dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prabang Setyono mengatakan, munculnya cacing dari dalam tanah dengan jumlah banyak itu diduga karena fenomena alam.

Baca Juga: Petir Vulkanik, Fenomena Unik saat Kilatan Halilintar Berada di Sekitar Gunung Api yang Sedang Meletus, Apa Penyebabnya?

"Cacing itu habitatnya diagregat-agregat tanah. Sehingga bisa jadi yang pertama di situ kelembabnya telah terjadi perubahan drastis. Biasanya tanah itu berubah dari penghujan ke kemarau, biasa begitu," ujar Prabang saat dihubungi Kompas.com, Sabtu.

"Di dalam biasanya panas kelembabannya jelas berkurang. Biasanya cacing mesti keluar mencari perlindungan," katanya menambahkan.

Prabang menjelaskan, kemunculan cacing dari dalam tanah ini tidak hanya terjadi di Solo, tapi juga terjadi di beberapa daerah.