Find Us On Social Media :

Penting! Inilah Kategori Gawat Darurat Versi BPJS Kesehatan

By Intisari Online, Sabtu, 28 April 2018 | 14:15 WIB

Intisari-online.com - Banyak di antara kita yang mungkin merasa ribet berobat dengan BPJS Kesehatan

Pasalnya, kita seringkali tidak bisa langsung ke rumah sakit, namun mesti ke Faskes (Fasilitas Kesehatan) 1 dulu tempat kita terdaftar.

Setelah Faskes 1 yang biasanya berupa Puskesmas, klinik, atau dokter keluarga tidak bisa menangani, barulah kita dirujuk ke rumah sakit.

Masalahnya adalah bagaimana kalau sakit yang diderita masuk kondisi darurat? 

Baca juga: Veronica, ‘Film Paling Menakutkan’ dengan Kisah Nyata yang Jauh Lebih Menakutan

Jika kita ke Faskes 1 dulu, tentu tidak efisien. Namun kalau langsung ke rumah sakit, kira-kira bakal dilayani tidak, ya?

Tentunya akan dilayani. Tapi ada syaratnya, yakni sakit yang diderita masuk dalam kondisi darurat versi BPJS. Berikut adalah kategori gawat darurat versi BPJS.

Baca juga: Korea Utara yang Serba Bersih dan Misterius: Sekolah Gratis, Kesehatan Gratis, Beras Gratis, Polwannya pun Cantik-cantik

A. Kriteria Gawat Darurat Bagian Anak/Pediatri

        Anemia sedang/berat        Apnea/gasping (henti napas)        Bayi/anak dengan ikterus (bayi kuning)        Bayi kecil/prematur        Cardiac arrest / payah jantung (        Cyanotic Spell (tanda penyakit jantung)        Diare profus (lebih banyak dari 10x sehari BAB cair)        Difteri (penyakit pernapasan dengan gejala demam, mual, muntah, nyeri tenggorokan, dll)        Murmur/bising jantung, Aritmia        Edema/bengkak seluruh badan        Epitaksis (mimisan), dengan perdarahan lain disertai demam        Gagal ginjal akut        Gangguan kesadaran dengan fungsi vital yang masih baik        Hematuria (gejala urin berwarna merah/cokelat)        Hipertensi berat        Hipotensi atau syok ringan hingga sedang        Intoksikasi atau keracunan (misal: obat serangga)         Intoksikasi disertai gangguan fungsi vital        Kejang dengan penurunan kesadaran        Muntah profus (lebih banyak dari 6x dalam satu hari)         Panas/demam tinggi yang sudah di atas 40°C        Sangat sesak, gelisah, kesadaran turun, sianosis dengan retraksi hebat otot-otot pernapasan        Sesak tapi dengan kesadaran dan kondisi umum yang baik        Syok berat, dengan nadi tidak teraba dan tekanan darah tidak terukur        Tetanus        Tidak BAK/kencing lebih dari 8 jam        Tifus abdominalis dengan komplikasi

B. Kriteria Gawat Darurat Bagian Obstetri Ginekologi (Kebidanan & Kandungan)

        Abortus (aborsi, keguguran)        Distosia (kesulitan melahirkan normal)        Eklampsia (keracunan kehamilan gejalanya tensi tinggi, sakit kepala, muntah, dll)        Kehamilan ektopik terganggu (KET) (hamil di luar kandungan)        Perdarahan antepartum        Perdaragan postpartum        Inversio uteri (kondisi rahim terbalik atau alami gangguan)        Febris puerperalis (peradangan di semua alat genitalia, suhu tubuh tinggi)        Hiperemesis gravidarum dengan dehidrasi (mual muntah parah)        Persalinan kehamilan risiko tinggi dan/atau persalinan dengan penyulit

C. Kriteria Gawat Darurat Bagian Bedah        Abses serebri        Abses submandibula        Amputasi penis        Anuria        Appendiksitis akut        Atresia Ani        BPH dengan retensi urin        Cedera kepala berat        Cedera kepala sedang        Cedera vertebra/tulang belakang        Cedera wajah dengan gangguan jalan napas        Cedera wajah tanpa gangguan jalan napas namun termasuk: