Find Us On Social Media :

Kunyit, Tanaman Tahan Banting dengan Segudang Manfaat yang Bibitnya Jadi Buruan

By Intisari Online, Sabtu, 28 April 2018 | 11:15 WIB

Intisari-Online.com - Tanaman herbal tetap tak kehilangan pamornya. Kunyit salah satunya. Banyaknya manfaat yang terkandung dalam rimpang akar ini membuatnya banyak dicari oleh masyarakat. 

Sekedar informasi, kunyit merupakan tanaman obat yang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara, seperti di Malaysia, Indonesia. Selain menjadi obat, kunyit seringkali dipakai sebagai bumbu masakan. 

Muhammad Solihin, pemilik Kudu Herbal asal Semarang, Jawa Tengah mengatakan, permintaan bibit kunyit selalu tinggi saban tahunnya. Terutama saat awal tahun, lalu Juli hingga  Agustus dan awal musim hujan.

"Kalau pertengahan tahun yang paling banyak cari adalah perseorangan, kelompok PKK, dam puskesmas," katanya pada KONTAN.

Baca juga: Habis Masa Kejayaannya, Para Superstar Gulat WWE Ini pun Harus Menemui Ajalnya dengan Cara Sangat Tragis

Selain itu, dia mendapatkan sejumlah pesanan dari perusahaan obat herbal untuk menyuplai bibit kunyit.

Solihin menjelaskan untuk permintaan dalam jumlah besar, dia biasanya menerapkan sistem pre-order sekitar dua minggu sampai satu bulan sebelum barang diambil.

Sementara, untuk memenuhi permintaan sehari-hari, dia mempunyai puluhan bibit kunyit yang siap jual. Lahan penangkarannya terdapat di Kelurahan Kudu, Genuk, Semarang, Jawa Tengah.

Kunyit merupakan jenis tanaman yang mudah dikembangbiakkan. Perawatannya juga mudah. Kedua hal ini membuat harga bibit kunyit cukup terjangkau.

Baca juga: Cerita ‘Panas' di Balik Tajamnya Tikungan F1: Pengakuan Seorang Mantan Pembalap Prancis dan Cerita Lainnya

Solihin mematok harga mulai dari Rp 7.000 untuk tanaman setinggi 5 cm-10 cm dan Rp 35.000 untuk bibit berukuran 45 cm-50 cm.

Tak hanya melayani konsumen yang ada di Semarang, Solihin juga banyak mengirimkan bibit ke wilayah Demak, Magelang, Jakarta dan kota lainnya. Berbeda dengan pembudidaya lainnya, dia mengemas bibit kunyit ke dalam polybag.  

Jika Solihin masih mendulang ramainya permintaan bibit kunyit, Puriyani Hasanah, Marketing Popon's Nursery asal Bogor, Jawa Barat justru tidak merasakan derasnya order bibit kunyit. Seperti bulan lalu, dia hanya mengirimkan puluhan bibit kunyit.