Find Us On Social Media :

Bikin Tubuh Langsing Hingga Bikin Rambut Kilau Bercahaya, Itulah Manfaat Makan Tomat

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 27 April 2018 | 20:00 WIB

Intisari-Online.com – Solanum lycopersicum. Itulah nama ilmiahnya.

Tomat merupakan tanaman yang merambat. Bukan sayuran, tetapi botanikal buah. Buah berry tepatnya.

Buahnya berkembang dari induknya dan mengandung biji dari bunga tanaman. Bermula dari Amerika Selatan bagian barat, kemudian dibudidayakan oleh orang-orang Meksiko.

Budidaya tomat menyebar setelah kolonisasi Spanyol di Amerika. Varietas liar tomat lebih kecil dan lebih kuning dibandingkan dengan buah merah besar yang kita kenal.

Dalam tomat berisi 95% air. Lima persen lainnya adalah karbohidrat dan satu persennya adalah protein dan lemak.

Baca juga: Dari Tomat hingga Cabe, Inilah 4 Cara Mudah Menanam Sayuran dengan Bijinya

Di dalam tomat juga terkandung 80% serat tidak larut seperti lignin, selulosa, dan hemiselulosa. Tomat adalah sumber vitamin dan mineral seperti folat, kalium, vitamin K1, dan Vitamin C.

Senyawa tanaman lain yang hadir dalam tomat adalah

Apa yang membuat tomat menjadi makanan favorit di seluruh dunia? Ini dia manfaat kesehatan dari makan tomat yang bisa diambil.

Anti-karinogenik

Likopen yang ada dalam tomat dikenal mengontrol pertumbuhan sel kanker, terutama di usus besar, payudara, dan paru-paru. Antioksidan ini menghentikan reaksi karsinogenik lebih lanjut di dalam tubuh.

Kolesterol rendah dan jantung sehat

Biji tomat tidak mengandung kolesterol. Sebaliknya, mengandung serat yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Kalium di dalamnya membantu mencegah penyakit jantung.