Find Us On Social Media :

Kehamilan dan Virus Corona: Apa Risiko, Bagaimana Keadaan Bayi, dan Bolehkan Menyusui? serta Tips yang Harus Dipatuhi Agar Tak Terinfeksi

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 20 Maret 2020 | 08:08 WIB

 

Intisari-Online.com - Para ahli menjawab pertanyaan mendesak tentang apakah virus corona membahayakan wanita hamil, janin, dan bayi baru lahir, dan memberi tahu cara terbaik untuk mencegah infeksi.

Kehamilan tidak hanya membuat wanita lebih rentan terhadap beberapa penyakit virus, seperti flu, tetapi ada juga kekhawatiran tentang komplikasi yang lebih parah serta potensi risiko pada janin.

Dilansir dari Everyday Health, Senin (16/3/2020) penelitian sedang dilakukan untuk mencari tahu sebanyak mungkin tentang kehamilan dan virus corona.

Para ahli mendasarkan rekomendasi saat ini pada temuan dari beberapa laporan kasus pada virus corona (baru) di belakang pandemi saat ini, bersama dengan penelitian tentang bentuk-bentuk lain dari coronavirus seperti SARS dan MERS.

Baca Juga: Bila Tak Kunjung Sembuh, Beli Obat Biduran di Apotek Antara Lain Antihistamin Tapi Sebaiknya Hindari Pemicu Alergi dan Diet Rendah Histamin

Apakah Wanita Hamil Lebih Rentan Terinfeksi Virus Corona?

Sejauh ini belum ada banyak data tentang apakah wanita hamil berisiko lebih tinggi tertular virus corona, menurut Jeanne S. Sheffield, MD , direktur divisi kedokteran ibu-janin dan peneliti penyakit menular pada kehamilan di Johns Hopkins Kedokteran di Baltimore.

Tetapi “dari informasi terbatas tentang COVID-19 yang kami miliki, dengan sebagian besar data keluar dari China, tidak tampak bahwa wanita hamil lebih rentan daripada populasi umum,” kata Dr. Sheffield.

Apakah Wanita Hamil Beresiko Terkena Kasus COVID-19 yang Lebih Parah?

Baca Juga: Gejala Kolesterol Rendah Tidak Ada Nyeri Dada, Namun Lebih ke Gejala Depresi dan Kecemasan