Find Us On Social Media :

Gejala HIV pada Kulit Terbentuk Adanya Ruam yang Disertai Gejala Flu Juga Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 19 Maret 2020 | 21:00 WIB

Ilustrasi HIV/AIDS

Intisari-Online.com – Bagi banyak orang yang baru terinfeksi HIV, ruam adalah salah satu gejala paling awal.

Namun, berbagai penyakit, infeksi, dan reaksi alergi dapat mengiritasi kulit, sehingga ruam saja tidak pernah cukup untuk mendiagnosis HIV.

Orang yang mengalami ruam dan percaya bahwa mereka mungkin telah terpajan HIV harus mengunjungi dokter.

Orang berisiko terpajan melalui hubungan seks dengan seseorang yang status HIV-nya tidak diketahui, berbagi jarum, atau transfusi darah, misalnya.

Baca Juga: Kenali Gejala HIV Setelah Satu Tahun Meski Tanpa Gejala, Berkeringat di Malam Hari Tetap Sebagai Salah Satu Gejalanya

Tidak ada ruam tunggal yang spesifik untuk orang yang terinfeksi HIV. Ini karena ketika seseorang mengembangkan HIV, perubahan sistem kekebalan tubuh mereka dapat memicu sejumlah reaksi kulit.

Karena HIV mengurangi kemampuan sistem kekebalan untuk melawan infeksi, orang dengan penyakit ini berisiko dari berbagai infeksi dan ruam kulit.

Gejala yang mungkin menyertai ruam HIV

Terkadang ruam adalah satu-satunya gejala. Namun, karena ruam HIV biasanya menandakan masalah dengan sistem kekebalan tubuh, gejala lain sering terjadi.

Baca Juga: Tidak Hanya Demam dan Malam Berkeringat, Ini Gejala HIV pada Ibu Hamil, Termasuk Pembengkakan di Leher, Ketiak, dan Selangkangan