Find Us On Social Media :

Pernah Jajah Indonesia Selama 3,5 Abad, Raja Belanda Minta Maaf dan Akui Kemerdekaan Indonesia di Hadapan Presiden Jokowi

By Mentari DP, Rabu, 11 Maret 2020 | 08:40 WIB

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti.

Intisari-Online.com – Seperti yang kita tahu, Belanda pernah menjajah Indonesia hampir 3,5 abad lamanya.

Peristiwa penjajahan tersebut pun mungkin masih terbekas dibeberapa benak orang.

Nah, pada Senin (9/3/2020), Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia.

Dalam kesempatan itu, di hadapan Presiden Joko Widodo, Raja Willem-Alexander menyampaikan permohonan maaf atas kekerasan yang dilakukan Belanda setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Baca Juga: Kabar Baik! 2 Pasien Virus Corona Dinyatakan Negatif, Begini Penjelasan Juru Bicara Pemerintah

Kejadian ini terjadi pada hari kedua kunjungan mereka.

Awalnya, Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti berkunjung ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Mereka berjalan menuju tugu monumen TMP dan melakukan hening cipta diiringi instrumen lagu Gugur Bunga di depan tugu monumen TMP.

Lalu setelahnya mereka bertolak ke Istana Kepresidenan di Bogor, Jawa Barat, untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi.

"Di tahun-tahun setelah diumumkannya proklamasi, terjadi sebuah perpecahan yang menyakitkan dan mengakibatkan banyak korban jiwa," kata Raja Willem.

Baca Juga: Video Pria Lompat dari Lantai 7 Mal Medan Viral: Awas, Sebar Video Aksi Bunuh Diri Bisa Buat Anda Dipenjara 6 hingga 12 Tahun