Find Us On Social Media :

Dari 27 Kasus Positif Corona di Indonesia, Ada Pasien yang Tak Terlacak Sumber Penularannya, Bahkan Diduga Penularan Lokal

By Tatik Ariyani, Rabu, 11 Maret 2020 | 07:39 WIB

(ilustrasi) Virus corona

Intisari-Online.com - Hingga kini, virus corona telah mengjangkit di 115 Negara.

Di Indonesia sendiri hingga Selasa (10/3), pemerintah telah mengumumkan sudah ada 27 kasus positif corona (covid-19).

Dari seluruh kasus tersebut, pemerintah pun mengakui ada 1 kasus, yakni kasus dengan nomor kode 27, yang belum terlacak sumber penularannya.

Juru Bicara Penanganan Wabah Virus Corona Achmad Yurianto menerangkan, sampai saat ini pihaknya masih mencari tahu dari mana sumber penularan kasus 27 ini.

Baca Juga: Supertasmar, Surat Penting yang Jadi 'Senjata' Soekarno Hadapi Soeharto karena Dianggap 'Melanggar' Wewenang sebagai Pengemban Supersemar

Pasalnya, dia tidak berasal dari luar negeri dan belum terlacak apakah berasal dari klaster yang sudah ada sebelumnya.

"Kami menduga (kasus 27) ini local transmission, yang sedang kami tracking dari mana sumbernya, karena bukan impor (imported case) dan tidak jelas bagian dari klaster lain. Sementara belum jelas," ujar Achmad, Selasa (10/3).

Menurut Achmad, saat ini Dinas Kesehatan masih terus melakukan tracing dan mencari tahu apakah memiliki teman yang sakit dan melakukan kontak dekat dalam beberapa hari terakhir.

"Kita juga bertanya apakah ada temannya yang sakit. Yang bersangkutan ini asih belum jelas siapa temannya, tetapi tetap kita akan lakukan [tracing], nanti kita sebut orang-orang yang positif yang pernah akrab atau kontak dekat degan dia," ujar Achmad.

Baca Juga: Jadi Kontroversi Besar dalam Sejarah Indonesia, Inilah Misteri Supersemar: Disebut Alat Kudeta Soeharto hingga Dianggap Blunder Soekarno