Find Us On Social Media :

Indonesia Positif Corona, Hati-hati, Masker Tak Bisa Mencegah Penyebarannya, Bahkan Bisa Jadi Justru Meningkatkan Risiko Tertular

By Maymunah Nasution, Senin, 2 Maret 2020 | 14:24 WIB

(ilustrasi) Masker

Intisari-online.com - Pemerintah Indonesia memastikan dua orang Indonesia tertular virus corona di Jakarta. Keduanya kini dirawat di RSPI Sualianto Saroso, Sunter, Jakarta Utara.

"Di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso, di ruang khusus yang tidak terkontak dengan yang lain," kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Saputra di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3).

Keduanya ada ibu dan anak yang tertular warga negara (WN) Jepang. Mereka tertular di Jakarta, saat berinteraksi dengan warga negara Jepang itu. “Terkenanya di Jakarta,” kata Menkes Terawan.

Menurut Terawan, keduanya bertempat tinggal di wilayah dekat Depok. "(2 orang itu) di rumahnya, daerah dekat Depok," ujar Menkes Terawan.

Baca Juga: Meski Indonesia Sudah Positif Corona, Tak Semua Orang Perlu Pakai Masker untuk Cegah Virus Corona, Begini Penjelasannya!

Menurut Terawan, prosedurnya penanganan orang terduga kena virus coronasudah dilakukan. "Kita sudah cek, kita bawa. Sudah melakukan isolasi rumah,” ujarnya.

Sesuai prosedur, menurut Menkes, pemerintah sudah melakukan isolasi rumah terduga korona. “Sudah terdeteksi dari 1 Maret kita lakukan, begitu dengar berita, kita lakukan penelusuran, kita lakukan pemeriksaan," kata Terawan.

Dia menjelaskan, kedua orang itu melakukan kontak langsung dengan warga negara Jepang yang sebelumnya positif terjangkit virus corona.

"Karena ini kan kontak langsung, ini kan kita cek. Kalau enggak close kontak, itu berbeda. Kita mengacu pada epidologis, mana yang paling memungkinkan," jelas Terawan.

Baca Juga: 2 WNI Positif Virus Corona dan Kini Dirawat di Jakarta: Pakar Virus Indonesia Melihat Ada Keanehan pada Virus Corona