Find Us On Social Media :

Tewasnya 33 Tentara Turki dalam Sehari Perkeruh Hubungan Turki dan Rusia Sampai Siap Berhadap-hadapan, NATO Beri Peringatan Ini

By Maymunah Nasution, Sabtu, 29 Februari 2020 | 12:34 WIB

Recep Tayyip Erdogan dan Vladimir Putin

Intisari-online.com - Hubungan Rusia dan Turki makin tegang setelah serangan udara di Suriah yang menewaskan sedikitnya 33 tentara Turki.

Kondisi ini mendorong Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan beralih ke sekutu tradisionalnya di Barat agar mendapat dukungan militer.

Sementara itu, Rusia membantah terlibat, dengan mengatakan bahwa pasukan Turki telah berada dalam kelompok teroris yang mendapat serangan dari pasukan pemerintah Suriah yang didukung militer Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, ketika mereka mengetahui ada korban dari tentara Turki, Rusia langsung mengambil langkah-langkah yang lengkap untuk menghentikan tembakan total dari militer Suriah.

Baca Juga: Pertaruhkan Posisi Sebagai Driver Demi Lakukan 'Gojek Tuyul', Driver Online Ini Bisa Raup Bonus Rp 400 Juta, Simak Cara Lakukan Kecurangan Diam-Diam Itu

Sejauh ini, Erdogan yang secara berhati-hati tidak menyalahkan Rusia mengatakan, pertemuan krisis selama enam jam dengan para pejabat keamanannya setelah mereka kehilangan belasan pasukan mereka dalam satu hari, merupakan kehilangan terbesar pasukan Turki dalam beberapa dasawarsa, bersumpah untuk menyerang balik pasukan pemerintah Suriah.

Sementara itu, NATO setuju melakukan pertemuan atas permintaan Turki untuk konsultasi pada hari Jumat.

Kondisi ini juga menambah tekanan pada Uni Eropa, karena Turki mengancam akan mengizinkan lebih banyak pengungsi dari Suriah melintasi perbatasannya ke benua biru tersebut.

Namun baik Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa tidak menunjukkan kencenderungan mendukung Turki secara militer di Suriah, tempat Erdogan mendukung pemberontak besar terakhir di provinsi Idlib barat laut melawan pemerintah Suriah.

Baca Juga: Indonesia Diyakini Sebagai Negara Aman dari Virus Corona, Sosok Ini Justru Ungkapkan Data Mengejutkan, dan Sebut Indonesia Tak Sengaja Berbohong