Find Us On Social Media :

Banyaknya Pasien Virus Corona Bisa Membuat Orang yang Lebih Tua dan Lemah Terancam Tak Mendapat Perawatan di Inggris, Dokter Ungkap Skenario yang Mungkin Terjadi

By Khaerunisa, Jumat, 28 Februari 2020 | 15:05 WIB

(Ilustrasi) Seorang perawat melayani pasien terinfeksi virus corona

Intisari-Online.com - Terus bertambahnya pasien virus corona di Inggris memungkinkan bahwa rumah sakit akan menolak perawatan untuk pasien yang lebih tua dan lemah demi mereka yang memiliki peluang terbaik untuk pulih.

Melansir Thesun.co.uk (28/2/2020), Hal itu sesuai dengan protokol 'Three Wise Men', di mana tiga dokter senior akan memilih siapa yang akan mendapatkan tempat tidur dan perawatan ketika terjadi penumpukan pasien.

Protokol 'Wise Man' itu sendiri dikembangkan oleh Komite National Health Service (NHS) Inggris tentang aspek etis pandemi influenza.

Hal itu dilakukan untuk meminimalkan bahaya yang disebabkan oleh pandemi.

Baca Juga: Tembus 50 Negara dengan 83.265 Kasus dan 2.858 Orang Meninggal, Bagaimana Sebenarnya Virus Corona Menyebar?

Seorang dokter di Inggris mengungkapkan pendapatnya tentang bagaimana skenario yang mungkin terjadi ketika pasien virus corona terus melonjak.

"Jika Anda dapat membayangkan skenario terburuk yang nyata di mana pasokan secara besar-besaran melampaui permintaan, kami harus menolak untuk mengakui banyak orang yang biasanya mendapatkan ventilasi," katanya.

Sementara itu konsultan perawatan kritis lain dari rumah sakit besar di London Selatan mengatakan bahwa mereka akan membuat keputusan tentang kehidupan seseorang.

"Tidak ada kelonggaran dalam sistem," tegasnya.