Find Us On Social Media :

Getol Ingin Jual Jet Tempur pada Indonesia, Swedia Tawarkan Jet Tempur yang Bisa Lepas Landas dari Jalan Raya Tanpa Perlu Bandara

By Tatik Ariyani, Minggu, 16 Februari 2020 | 18:19 WIB

SAAB buat desain Gripen E/F untuk Indonesia

Intisari-Online.com - Berbagai kandidat jet tempur bermunculan sebelum dipilihnya Sukhoi Su-35 untuk pengganti F-5 II Tiger Skadron Udara 14 TNI AU.

Amerika Serikat (AS) menawarkan versi paling canggih keluarga Fighting Falcon, yakni F-16 Viper.

Tak mau ketinggalan, Inggris melalui BAE System menawarkan dagangannya yakni Eurofighter Typhoon, Prancis dengan Rafalenya dan India dengan HAL Tejas.

Nama terakhir tak masuk hitungan karena dinilai tak memberikan efek deteren sama sekali apalagi seperti jet idaman negara tetangga sebelah macam JF-17 Thunder.

Baca Juga: 2 Bulan Menanggung Kesedihan, Orangtua Balita Tanpa Kepala di Samarinda Ungkap Jeritan Hatinya pada Pengacara Kondang, Inginkan Teka-teki Kematian Anaknya Terbongkar

Tentu semua tawaran diatas memiliki nilai offset berbeda-beda dimana ada yang menawarkan Transfer of Technology (ToT), keuntungan diluar pembelian dan lain sebagainya.

Bahkan ada satu negara Eropa yang amat getol mendapatkan tender pengadaan jet tempur Indonesia yakni Swedia.

Mengutip saab.com, Swedia melalui perusahaan industri pertahanannya menawarkan jet tempur generasi terkini yakni Gripen E/F untuk kebutuhan penempur canggih di udara Indonesia.

Gripen E/F diklaim mampu menanggulangi segala ancaman dari Sistem Pertahanan Udara Terpadu musuh.

Baca Juga: Kini Jadi Rakyat Biasa, Pangeran Harry Terpaksa Tutup Kantornya dan Berhentikan 15 Staf Kerajaan Inggris Karena Punya Anggaran Buat Bayar Karyawan