Find Us On Social Media :

Hampir Semua Ilmuan Didominasi oleh Pria, Benarkah Otak Pria Lebih Cerdas daripada Wanita? Sebuah Penelitian Terbaru Menjawabnya

By Editorial Grid, Minggu, 8 April 2018 | 13:30 WIB

Intisari-Online.com - Bukan rahasia bahwa laki-laki banyak menduduki beragam disiplin ilmu.

Sebut saja beberapa penemu seperti Albert Einstein, Alessandro Volta, Afred Nobel, Antonio Meucci, Benyamin Franklin dan masih banyak lagi.

Lalu apa benar otak pria memang lebih cerdas daripada otak wanita?

Sebuah penelitian baru-baru, yang diperinci dalam jurnal Psychological Science edisi Oktober, mengklaim adanya 'bias gender'.

(Baca Juga: 7 Penemuan dalam Bidang Kesehatan Paling Luar Biasa Tahun 2018: dari Vaksin Antikanker hingga 'Update' Memori Otak!)

Murphy dan rekan-rekannya merekrut dan membayar 47 junior dan senior Stanford (25 laki-laki dan 22 perempuan) untuk berpartisipasi dalam studi mereka.

Semua peserta memiliki jurusan matematika, sains atau teknik.

Secara individu, para peserta menonton dua video yang disamarkan sebagai iklan untuk membahas masalah matematika, sains dan teknik.

Video berdurasi tujuh menit itu menunjukkan sekitar 150 orang dengan rasio gender yang tidak seimbang (3 pria hingga 1 wanita) atau rasio seimbang 1 hingga 1. 

Sambil menonton video, siswa dilengkapi dengan sensor tubuh yang mengukur respons fisiologis mereka, termasuk detak jantung, suhu kulit dan tingkat berkeringat.

Siswa perempuan menunjukkan detak jantung yang lebih cepat dan lebih banyak berkeringat saat menonton video yang tidak seimbang dibandingkan dengan video yang seimbang gender.

Mereka juga melaporkan rasa memiliki yang lebih rendah dan kurang keinginan untuk berpartisipasi ketika gender condong ke arah laki-laki.

(Baca Juga: Melihat Keperawanan Wanita Dari Cara Berjalannya? Ini Jawaban Dokter)