Find Us On Social Media :

Kisah Viral Bocah 'Daun Bawang' Berusia 9 Tahun Asal Gaza, Lakukan Aksi Perlawanan Pada Tentara Israel: Tujuan Saya Adalah Mengambil Kembali Tanah Kakek Saya

By Editorial Grid, Jumat, 6 April 2018 | 17:15 WIB

Intisari-online.com - Seorang bocah asal Gaza bernama Mohamed Ayyash baru-baru ini mengundang perhatian publik lewat aksinya.

Bocah 9 tahun ini berada di garis depan, ketika melakukan protes mematikan di dekat perbatasan Gaza-Israel, pada jumat lalu (30/3/2018).

Aksinya tersebut terkait hari Tanah Gaza yang menyerukan kembali hak bagi para pengungsi Palestina seperti dilansir dari Al Jazeera pada Kamis (5/4/2018).

Dalam aksi tersebut setidaknya 18 orang tewas dari lebih 1.000 lainnya terluka ketika pasukan Israel menembaki demonstran yang tidak bersenjata.

BACA JUGA : Demi Hadapi Israel, Pasukan Khusus Wanita Palestina Digembleng Keras dan Harus Siap Mati Seperti Tentara Pria

BACA JUGA : 'Partikel Tuhan', Penemuan Gila yang Menurut Stephen Hawking Bisa Memicu Kiamat

Mohamed menjadi salah satu bocah yang ikut dalam aksi tersebut, ia menggunakan masker dan daun bawang yang membuatnya dijuluki 'bocah bawang'.

Aksinya tersebut menjadikannya viral di media sosial, menurutnya topeng buatannya tersebut untuk mengurangi efek gas air mata yang ditembakkan oleh tentara Israel.

Gagasan mengenai topeng bawang ini didapatkan Mohamed dari ayahnya yang kini telah terluka akibat perlawanan pertama.

"Ayah saya terluka di perlawanan pertama dan biasa menceritakan kepada saya cerita tentang topeng bawang," kata Mohamed

BACA JUGA : Jangan Dibuang, Silica Gel Punya Segudang Manfaat yang Bisa Diketahui Lewat Warnanya

"Aku mencoba membuatnya kembali dan kemudian keluar seperti itu. Aku tidak berharap fotoku akan menjadi viral." 

Bassam Ayyash, ayah Mohamed, mengatakan bahwa 'topeng bawang' membantu mengurangi efek gas air mata pada saraf dan membantu menjaga ketenangan.