Find Us On Social Media :

Jarang Diketahui, Ternyata Ada Racun Berbahaya Ditemukan di Peralatan Masak Sehari-hari

By Ade Sulaeman, Kamis, 5 April 2018 | 16:00 WIB

Intisari-Online.com – Pernahkah Anda mengunjungi toko untuk mencari peralatan masak yang terlihat bagus dan hampir membelinya?

Peralatan masak yang meliputi panci dan wajan, semuanya terlihat dan terasa sama.

Kita membeli makanan organik yang sehat untuk memasaknya, tetapi kita sering lupa soal panci dan wajan tempat kita memasak atau menyiapkan makanan.

Ternyata, sebagian kecil peralatan masak dan wadah penyimpanan yang kita gunakan memiliki racun yang bisa menumpuk di dalam tubuh dan membahayakan kesehatan kita.

(Baca juga: Kisah Bung Karno di Akhir Kekuasaan, Sekadar Minta Nasi Kecap Buat Sarapan pun Ditolak)

Bahan-bahan kimia yang ditemukan dalam wadah penyimpanan atau peralatan masak dikaitkan dengan masalah ketidaksuburan atau penambahan berat badan hingga penyakit-penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson.

Berikut ini racun-racun yang ditemukan di peralatan masak yang tidak kita ketahui.

Aluminium

Aluminium ditemukan dalam aluminium foil, juga dalam loyang kue atau loyang pemanggang. Beberapa orang sering memanggang ikan atau sayuran dengan membungkusnya pada aluminium foil atau memanggang lasagna di dalamnya. Pertimbangkan kembali menggunakan logam ini lagi.

Sebuah artikel dari Journal of Alzheimer’s Disease mengaitkan konsumsi aluminium dengan Alzheimer dan penyakit neurodegeneratif lainnya.

Meskipun kebanyakan peralatan masak aluminium aman digunakan karena teroksidasi, alumunium yang tidak teroksidasi berisiko tinggi tinggi terkelupas saat memasak.

Alternatif yang aman adalah kertas perkamen, bahan kaca, atau porselen.