Find Us On Social Media :

Hiii… di Dalam Melon Kuning Australia Terdapat Bakteri Berbahaya yang Bisa Membunuh Kita, Bakteri Apa Itu?

By Mentari DP, Selasa, 3 April 2018 | 10:45 WIB

Intisari-Online.com - Beberapa waktu lalu, terdapat beberapa orang yang meninggal setelah makan rockmelon (cantaloupe) atau melon kuning.

Sebab di dalam buah melon kuning ini ternyata terdapat bakteri Listeria monocytogenes.

Apa itu bakteri Listeria monocytogenes?

Berikut penjelasannya dilansir dari bobo.grid.id.

(Baca juga: Mematikan, Berbahaya dan Penuh Bakteri, Pulau Ini pun Dikarantina Hingga hampir 50 Tahun)

(Baca juga: Jangan Pakai Spons Cuci Piring Lebih dari Seminggu! Ternyata Bakterinya Sebanyak Ini!)

Listeria monocytogenes (L. monocytogenes) diklasifikasikan sebagai bakteri gram-positif dan bergerak menggunakan flagella. 

Infeksi bakteri ini dapat ditemukan di tanah, pakan ternak yang dibuat dari daun-daunan hijau yang diawetkan dengan fermentasi, hingga feses ternak.

Bakteri berbahaya ini bisa menyerang siapa saja jika mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri ini dalam jumlah besar.

Salah satu contoh kasus infeksi bakteri ini terjadi di Australia beberapa waktu lalu di mana bakteri Listeria monocytogenes ternyata terdapat pada rockmelon yang dijual di Negeri Kangguru tersebut.

Bagaimana bakteri tersebut bisa masuk ke dalam tubuh?

Bakteri ini bisa sangat berbahaya bagi orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah, orang lanjut usia, penderita penyakit ginjal, dan penyakit yang lainnya.  

Jika bakteri ini menginfeksi tubuh, maka orang yang terinfeksi tersebut akan mengalami pusing, mual, dan leher kaku, serta diare.