Find Us On Social Media :

Waspadalah! Ini Bahaya dari Cacing Parasit dalam Sarden Kaleng yang Ditemukan BPOM RI

By Tatik Ariyani, Kamis, 29 Maret 2018 | 19:15 WIB

Intisari-Online.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menarik 27 merk ikan kalengan atau Sarden Makarel dari pasaran setelah menunjukkan hasil pengujian positif mengandung cacing parasit.

Cacing parasit yang ditemukan pada sarden ikan makarel adalah jenis cacing parasit Anisakis sp. yang merupakan anggota Anisakidae.

Cacing parasit Anisakis sp. yang ditemukan dalam makanan kaleng sarden ikan makarel dalam kondisi mati.

Seperti dilansir dari Tribunnews, Penny mengkonfirmasi ketika ditemui di Jakarta pada Kamis (29/3/2018) dan mengatakan, "Jadi temuan cacingnya dalam kondisi mati tapi setelah kita telusuri dan bagaimana nanti ada ahlinya yang jelaskan, efeknya tidak ada zat yang berbahaya."

(Baca juga: )

Meski temuan cacing dalam kondisi mati, Penny menjelaskan bahwa ada efek samping bagi tubuh saat tidak sengaja mengonsumsi cacing parasit dari makanan olahan tersebut.

Terkait efek lain dari cacing parasit, Penny menjelaskan adanya alergi karena protein cacing itu menjadi alergen, aspek higienis ini tidak memenuhi syarat.

Anisakis sp. sendiri adalah cacing parasit yang hidup pada ikan dan mamalia laut, termasuk ikan makarel pada makanan kemasan sarden.

Anisakis sp. dapat menginfeksi manusia dan menyebabkan anisakiasis.

(Baca juga: )

Anisakiasis adalah infeksi akibat parasit pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh konsumsi makanan laut mentah atau kurang matang yang mengandung larva nematoda Anisakis sp.

Menurut situs NCBI, kasus infeksi pertama yang diakibatkan oleh Anisakis sp. dilaporkan lebih dari 50 tahun yang lalu di Belanda oleh Van Thiel.

Dia mendeskripsikan adanya nematoda laut di pusat phlegmon usus eosinofilik dari seorang pasien yang menderita nyeri perut akut sebagai 'temuan yang sangat tidak biasa.'