Find Us On Social Media :

Menuliskan Kegagalan Masa Lalu Dapat Bantu Atasi Stres Lho, Yuk Coba Sekarang Juga!

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 27 Maret 2018 | 19:00 WIB

Intisari-Online.com- Para peneliti menemukan fakta bahwa orang-orang yang menuliskan kegagalannya di masa lalu, memiliki kadar stres yang lebih rendah.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa menulis kejadian negatif di masa lalu bisa menjadi cara efektif untuk mengurangi stres dan memberikan kehidupan baru yang lebih baik.

Memahami dan menganalisis apa yang salah di masa lalu memberikan seseorang pandangan baru yang membantu mereka menangani stres di masa depan.

Orang-orang biasanya mendapat saran untuk “melihat sisi yang lebih cerah” ketika mereka gagal dan tidak bisa melupakan masa lalu. 

Baca Juga: 

Baca Juga: 

Namun, studi terbaru ini menunjukkan bahwa berpikir kritis tentang kejadian negatif sebenarnya bisa mengarahkan kita pada hasil yang lebih baik di masa depan.

Menurut para peneliti di Rutgers University-Newark, berpikir tentang peristiwa kurang mengenakkan bisa membantu seseorang menangani stres dengan lebih baikn dan meningkatkan kemampuan di beberapa area.  

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa memperhatikan dengan seksama kejadian atau perasaan negatif yang pernah dialami, baik dengan meditasi atau menulis hal tersebut, dapat memberikan hasil positif ke depannya.

“Stres akut bisa mengganggu kehidupan kita,” kata Brynne DiMenichi, peneliti dan doktor di Rutgers University-Newark.

“Paradoksnya, menulis tentang kejadian yang membuat kita stres, seperti kegagalan masa lalu, justru bisa memperbaiki fungsi kognitif. Terutama untuk pekerjaan yang membutuhkan perhatian lebih,” tambahnya.

Dalam kolaborasinya dengan peneliti dari University of Pennsylvania dan Duke University, DiMenichi meneliti pengaruh menulis kegagalan di masa lalu dengan kinerja di masa depan pada 86 orang.

Para peneliti membagi partisipan ke dalam dua grup: penguji dan pengontrol.