Find Us On Social Media :

Terkenal Sangat 'Laki', Ternyata Ford Mustang Awalnya Diiklankan Khusus untuk Wanita

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 27 Maret 2018 | 08:00 WIB

Intisari-Online.com - Asal usul serta arti nama mobil ini sendiri memiliki perdebatan, antara kuda jantan Amerika atau pesawat P-51 era Perang Dunia II.

Hal yang pasti adalah mobil ini laris di pasar. Pada tahun 1965, Mustang terjual sekitar 559.451 unit hingga mengejutkan Ford sebagai produsen sendiri.

Tapi apakah Anda tahu bahwa Ford Mustang awalnya fokus mengiklankan kepada wanita?

Dalam segmen buku Everyday Information (2011) yang menceritakan 100 tahun sejarah pembelian mobil, Ford melakukan iklan massal untuk produk Mustang pada awal produksi di tahun 1964.

Di hari pertamanya saja Mustang memasang iklan di sekitar 2.600 koran, secara umum di segmen berita dan secara spesifik di segmen wanita.

(Baca juga: Berdasarkan Psikologi Warna, Warna Mobil Bisa Beritahu Kepribadian Kita Lho, Ini Buktinya)

29 juta orang menonton iklan Mustang dan walaupun iklan pertamanya tidak memiliki fokus ke wanita atau pria, akhirnya tahun-tahun selanjutnya muncul iklan yang fokus diiklankan ke wanita.

Seperti contoh iklan televisi tahun 1966 yang menujukkan berbagai fungsi dan kenyamanan yang diberikan oleh Ford Mustang.

Di media cetak pun Ford Mustang memiliki sejarah pengiklanan yang dikhususkan kepada wanita, seperti iklan perkenalan 6 silinder yang diperuntukkan pada wanita “lajang”.

Kemudian muncul iklan wanita di atas Ford Mustang merah muda yang bertuliskan “gunakan Mustang yang serasi dengan gincu Anda”.

(Baca juga: Kasihan, Seekor Sapi Ditarik Mobil Satpol PP Hingga Ia Terkapar)

Promosi ini menjadi perlombaan untuk tiga wanita beruntung yang bisa mendapatkan warna langka Mustang yang serasi dengan gincu milik perusahaan Tussy.

Bahkan Ford Mustang pertama kali dibeli oleh seorang wanita bernama Gail Brown (52).

Berwarna biru muda, wanita yang bekerja sebagai guru ini membelinya dua hari sebelum peluncuran dan masih memilikinya hingga hari ini.