Find Us On Social Media :

Ironis! Veteran Angkatan Darat AS yang Berjasa di Afghanistan Ini Justru Dideportasi

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 26 Maret 2018 | 09:15 WIB

Intisari-Online.com - Seorang veteran Angkatan Darat AS yang mengabdi dalam dua kali tugas di Afghanistan telah dideportasi ke Meksiko, kata Imigrasi dan Bea Cukai AS.

Deportasi ini mengikuti keputusan sebelumnya oleh otoritas AS untuk menolak permohonan kewarganegaraan yang diajukan Miguel Perez.

Hal itu karena Miguel Perez diketahui mengkonsumsi obat-obatan terlarang.

Perez berpendapat bahwa dinas masa perangnya ke Afghanistan seharusnya membuatnya berhak tinggal di Amerika Serikat.

Baca Juga:

Baca Juga: 

Sebagai veteran, seharusnya dia juga berhak menerima rehabilitasi dan perawatan kesehatan mental karena stres pascatrauma perang.

Dilansir dari CNN (25/3/2018), Perez lahir di Meksiko dan secara legal datang ke Amerika Serikat pada usia 8 tahun ketika ayahnya pindah ke Chicago, AS.

Ini sungguh ironi, mengingat Perez harus mempertaruhkan nyawanya ke Afghanistan, tekanan yang berat juga membuatnya lari pada alkoholisme dan obat-obatan terlarang.

Pada 2010, Perez dinyatakan  bersalah atas tuduhan terkait pengiriman lebih dari 2 pon kokain.

Dia dijatuhi hukuman 15 tahun dan kartu hijaunya dicabut. Dia telah menjalani separuh hukumannya ketika ICE memulai proses deportasi.

Perez mengatakan keterkejutannya dan telah keliru mempercayai bahwa dengan mendaftar di Angkatan Darat secara otomatis akan memberinya kewarganegaraan AS.

Perez terdaftar di Angkatan Darat pada tahun 2001, hanya beberapa bulan sebelum 9/11.