Find Us On Social Media :

Ini Makanan yang Sebaiknya Tidak Boleh Dimakan Setelah Operasi Usus Buntu

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 11 Januari 2020 | 21:00 WIB

Gejala usus buntu pecah

Intisari-Online.com – Usus buntu, atau radang usus buntu, adalah kondisi paling umum dari perut yang memerlukan pembedahan darurat, menurut Johns Hopkins Medicine.

Usus buntu tidak memainkan peran utama dalam pencernaan, jadi Anda mungkin tidak perlu melakukan perubahan apa pun pada diet Anda setelah operasi usus buntu.

Namun, mungkin ada makanan yang harus dihindari setelah operasi usus buntu untuk membatasi nyeri perut dan meringankan pencernaan.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang kebutuhan diet Anda setelah operasi dan selama waktu pemulihan usus buntu Anda.

Baca Juga: Ini 6 Gejala Serius dari Radang Usus Buntu pada Bayi, yang Tidak Mudah Didiagnosis oleh Dokter

Makanan pascaoperasi usus buntu

Segera setelah bangun dari operasi, dokter Anda akan memungkinkan Anda untuk minum  sedikit air sampai Anda benar-benar pulih dari anestesi.

Setelah Anda siap makan, Rumah Sakit Universitas Wisconsin mengatakan bahwa Anda mungkin ingin memulai dengan makan makanan yang mudah dicerna seperti sup dan yogurt.

Setelah operasi perut, Anda mungkin mengalami kesulitan mencerna makanan biasa, dan dokter Anda mungkin menyarankan Anda mengikuti diet cair penuh, yang terdiri dari cairan dan makanan yang berubah menjadi cair pada suhu kamar.

Baca Juga: Ini Gejala Usus Buntu Pecah dan yang Bisa Dilakukan Setelah Perawatan, Termasuk Jangan Angkat Beban Berat Dahulu