Find Us On Social Media :

Melalui Kegiatan Pramuka Jelajahi Kawasan Bendungan Cirata, Anak Usaha PLN Ajak Milenial untuk Sampaikan Pesan Ini

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 26 November 2019 | 16:12 WIB

Peserta kegiatan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (PERTIKAWAN) tingkat Nasional tahun 2019

Intisari-Online.com – Bagaimana cara mengajak anak-anak dapat mencintai lingkungannya?

Salah satu cara adalah dari kegiatan Pramuka, yang sering kali diadakan oleh sekolah masing-masing.

Salah satu kegiatan Pramuka yang banyak disenangi anak-anak dan dari sini diharapkan mengenal dan mencintai lingkungan semakin menebal adalah perkemahan.

Ada yang menarik dari kegiatan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (PERTIKAWAN) tingkat Nasional tahun 2019 di Sub Perkemahan Eco Wisata Waduk Cirata,  yang berlokasi di PT Pembangkitan Jawa-Bali Badan Pengelola Waduk Cirata (PT PJB BPWC).

Baca Juga: Di China, Orangtua Mengirim Anaknya ke Perkemahan agar Tidak Tergantung pada Ponsel

 Pada hari kedua, kegiatan diisi dengan Giat Bakti yaitu penanaman 1000 bibit kopi di Eco Tourism Cirata yang berada di sekitar Dam Right Bank Waduk Cirata.

Kemudian dilanjutkan dengan Giat Edukasi dan lesson learn perakitan teknologi sollar cell.

Selanjutnya, teknologi bioflok yaitu teknologi budidaya ikan dengan memanfaatkan kotoran ikan sebagai salah satu program alih usaha Keramba Jaring Apung (KJA), serta  kerajinan eceng gondok selaku mitra binaan CSR PT PJB BPWC.

Pada Pertikawan 2019 ini, diharapkan peserta dapat secara aktif mengenal dan mengembangkan potensi dalam dirinya agar menjadi generasi yang berperan aktif dalam melestarikan bumi dan seisinya, sehingga bermuara pada kesejahteraan masyarakat. 

Baca Juga: Cikole, Dari Bumi Perkemahan Ke Jungle Park

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengadakan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (PERTIKAWAN) tingkat Nasional tahun 2019 di Sub Perkemahan Eco Wisata Waduk Cirata, yang berlokasi di PT Pembangkitan Jawa-Bali Badan Pengelola Waduk Cirata (PT PJB BPWC).

Perkemahan yang dilangsungkan pada 22-23 November 2019 ini mengambil tema Lestarikan Bumi Sejahterakan Masyarakat.