Find Us On Social Media :

Mengerikannya 'Bisnis' Jual Beli Pembantu Rumah Tangga Melalui 'Pasar Budak Online' di Kuwait, Beginilah Transaksinya

By Tatik Ariyani, Sabtu, 2 November 2019 | 19:00 WIB

Perdagangan budak online di Kuwait

Intisari-Online.com - Sebuah fakta mengerikan mengenai penjualan pembantu rumah tangga di Kuwait terungkap.

Yang lebih mengerikan, penjualan pembantu rumah tangga itu dilakukan secara online, melalui aplikasi pada smartphone yang memajang ribuan foto calon-calon pembantu yang akan diperjual-belikan.

Mereka dikategorikan berdasarkan ras dan tersedia untuk dibeli dengan harga beberapa ribu dolar.

Sebuah investigasi rahasia dilakukan oleh BBC News Arabic mengenai penjualan pembantu rumah tangga secara ilegal secara online di pasar gelap.

Baca Juga: Ada yang Ditangkap, Menjadi Gembala, Sampai Dibunuh, Berikut 3 Kisah Budak yang Berubah Jadi Orang Suci

Beberapa transaksi perdagangan bahkan telah dilakukan di Facebook maupun Instagram, di mana promosi konten itu disebarkan melalui algoritma tagar, dan negosiasi penjualan dilakukan melalui pesan pribadi.

Daftar lain bahkan telah dipromosikan dengan aplikasi yang disetujui dan disediakan oleh Google Play dan Apple App Store, serta situs web platform e-commerce sendiri.

Urmila Bhoola, pelapor khusus PBB tentang bentuk perbudakan kontemporer mengatakan, "Apa yang mereka lakukan adalah mempromosikan pasar budak online."

"Jika Google, Apple, Facebook atau perusahaan lain memfasilitasi aplikasi seperti ini, mereka harus dimintai pertanggungjawaban," tambahnya.

Baca Juga: Seorang Influencer Instagram Mengatakan Belajar Tentang Perang Dunia II Berbahaya Bagi Kesehatan Mental Milenial, Kok Bisa?