Find Us On Social Media :

Beda Cara Jokowi Pilih Menteri di Periode Pertama dan Kedua, Terlihat dari Komposisi!

By Tatik Ariyani, Senin, 21 Oktober 2019 | 14:45 WIB

Joko Widodo memberikan pidato saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Intisari-Online.com - Kamis (3/10/2019) di Istana Negara, Jakarta adalah rapat kabinet paripurna terakhir periode pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo. Rapat itu membahas evaluasi pelaksanaan RPJMN 2014-2019 dan persiapan implementasi APBN Tahun 2020.

Di sela rapat, Jokowi berpamitan dan mengucapkan terima kasih kepada para menteri Kabinet Kerja yang selama ini sudah membantu pemerintahannya bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Jokowi dan wakilnya, Maruf Amin, akan dilantik pada 20 Oktober, dan segera memiliki kabinet baru. Jokowi mengingat momen lima tahun lalu saat awal pembentukan Kabinet Kerja.

Ia saat itu menyampaikan tidak ada visi misi menteri, yang ada adalah visi misi Presiden dan Wakil Presiden.

Jokowi mengaku menyampaikan hal itu agar semuanya berada dalam satu visi, satu tujuan, dan satu jalur.

Baca Juga: Dari Cukur Gundul hingga Parade, Cerita Unik Cara Warga Sambut Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin

"Kita lihat dalam lima tahun ini telah banyak yang kita kerjakan dengan berbagai keterbatasan-keterbatasan yang ada. Dan juga masih banyak pekerjaan-pekerjaan rumah yang belum bisa kita selesaikan," kata Jokowi.

Jokowi menyebut selama lima tahun ini pemerintah telah menyusun sebuah fondasi bagi arah pembangunan nasional agar lebih tangguh, lebih produktif, serta lebih merata.

Pemerintah juga telah melakukan reformasi di bidang fiskal sehingga APBN menjadi semakin sehat dan semakin mandiri.

Jokowi dalam Susun Kabinet Pemerintah juga telah meletakkan fondasi bagi pembangunan Indonesia-sentris, bukan Jawa-sentris, dalam melakukan percepatan di bidang infrastruktur.

Selanjutnya pemerintah juga telah memulai reformasi struktural.

Baca Juga: JK Dibacakan Pantun oleh Bambang Soesatyo Saat Pelantikan Jokowi-Ma'ruf, Ini Peran Penting Jusuf Kalla Bagi Negara