Find Us On Social Media :

Bangkai Kapal Antikythera Sepanjang 40 Meter dan Penemuan Teknologi Kuno yang Mengejutkan Dunia, Kecanggihan yang Melampaui Zaman?

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 4 Oktober 2019 | 11:00 WIB

 

Intisari-Online.com - Sekitar 60 SM, sebuah kapal hancur di lepas pantai timur laut pulau kecil bernama Aigila di selat antara Kreta dan Peloponnese.

Tidak diketahui pasti jenis kapal itu, namun sebagian besar yakni kapal dagang besar.

Dengan panjangnya yang mencapai 40 meter, kapal ini mengangkut anggur, muatan perunggu dan marmer gelas patung dan barang pecah belah, dan komoditas lainnya.

Ketika sisa-sisa kapal ditemukan dan sebagian isinya diselamatkan pada tahun 1900-1901, sebagian besar atau semua patung dianggap jauh lebih tua dari kapal yang mengangkutnya.

Baca Juga: Gerebek Rumah Koruptor, Polisi Terkejut Temukan 13,5 Ton Emas dan Uang Rp525 Triliun, Disembunyikan di Bagian Rumah yang Tak Terduga Ini

Dari benda-benda yang ditemukan di kapal ada amphora dari Asia Kecil.

Selain itu ada patung-patung marmer serta gelas.

Salah satu penumpang kapal diyakini memiliki tabungannya dalam bentuk 32 koin perak dari Pergamon dan Efesus, dan seseorang membawa beberapa koin perunggu yang kurang berharga dari Ephesos dan juga koin yang agak tua dari Katane di Sisilia dan Cnidos di Asia Kecil.

Sebagian muatan bisa saja dibawa oleh kapal yang lebih kecil ke pelabuhan transit utama seperti Delos.

Baca Juga: Mengambil Air di Sumur Tua, Warga Terkejut Temukan Hal Mengerikan di Dalamnya, Bikin Geger Satu Kampung