Find Us On Social Media :

Sengaja Tinggalkan Seonggok Sampah Bertuliskan 'Made In Indonesia', Indonesia Sukses Bikin Angkatan Laut Australia Ketar-ketir

By Afif Khoirul M, Rabu, 2 Oktober 2019 | 21:00 WIB

RI Nagabanda

Intisari-online.com - Konfrontasi antara Indonesia-Malaysia tahun 1962 sampai 1966 banyak menyisakan kisah-kisah menarik untuk dikulik.

Salah satunya tentang bagaimana operasi-operasi satuan kapal selam atau Korps Hiu Kencana TNI AL yang membuat decak kagum kawan maupun lawan.

Biasanya satuan kapal selam di Indonesia bahkan semua negara dunia selalu mengandalkan kapal selam sebagai senjata strategis yang akan menjalankan 'Covert Mission' alias misi tersembunyi.

Saat itu tahun 1963-1964, konfrontasi Indonesia-Malaysia sedang panas-panasnya.

Baca Juga: Gerebek Rumah Koruptor, Polisi Terkejut Temukan 13,5 Ton Emas dan Uang Rp525 Triliun, Disembunyikan di Bagian Rumah yang Tak Terduga Ini

Semua unsur perang TNI pun disiagakan, tak terkecuali Korps Hiu Kencana.

Dengan alutsista andalan yakni Kapal Selam (KS) Whiskey Class buatan Soviet, Indonesia amat ditakuti kala itu.

Nah, lawan dari Indonesia pada konfrontasi itu bukan hanya dengan Malaysia.

Namun juga Inggris, Australia dan Selandia Baru.

Baca Juga: Kim Jong-un Perintahkan Warganya Kirim 100 Kg Tinja Per Hari atau Setara 3 Ton Sebulan, untuk Apa?

Maka dilakukanlah pengintaian laut yang dilaksanakan KS KRI Nagabanda di Indonesia bagian timur yang berdekatan dengan Australia.

Hal itu dilakukan untuk berjaga-jaga jikalau konfrontasi berubah jadi perang terbuka dan Australia memutuskan ikut terjun dalam kancah peperangan membantu Malaysia maka pihak TNI AL sudah dapat mencegat pergerakan kapal-kapal perang Australia.