Find Us On Social Media :

Wilayah yang Tersapu Tsunami Aceh dalam Bahaya, Jamur Patogen Ini Diduga Sedang Berevolusi, Bisa Ciptakan Wabah Mematikan dengan Tingkat Kematian yang Tinggi

By Ade S, Rabu, 2 Oktober 2019 | 20:00 WIB

Kolase tsunami Aceh dan jamur cryptococcus gattii

Intisari-Online.com - Sebuah wabah mematikan diprediksi dapat menyerang wilayah-wilayah yang diterjang tsunami Aceh pada 2004.

Wabah berupa jamur tersebut kini diduga sedang dalam proses untuk berubah menjadi patogen yang sangat mematikan.

Tingkat kematian dari wabah ini terhitung sangat tinggi jika sudah menyerang manusia.

Mengapa bisa demikian? Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: Klaim Ilmuwan: Mars Dulunya Seperti Bumi lalu Dilanda Tsunami Hingga Seperti Sekarang, Bumi Akan Alami Nasib Serupa?

Para ilmuwan khawatir sebuah wabah jamur mematikan serupa dengan yang terjadi pada 1964 di Alaska juga akan melanda kawasan yang disapu tsunami seperti di Indonesia.

Mereka mengungkapkan bahwa gempa besar dahsyat yang melanda Alaska pada saat itu memicu tsunami yang turut mendaratkan jamur tropis mematikan.

Para peneliti meyakini bahwa jamur tersebut kemudian berevolusi untuk berkembang biak di kawasan pantai dan hutan Pasifik Barat Laut.

Lebih dari 300 orang terinfeksi penyakit kriptokokosis, mirip pneumonia, sejak kasus pertama ditemukan di kawasan tersebut pada 1999, yang sekitar 10 persennya berujung fatal.

Baca Juga: Sempat Buat Panik, Ini Penjelasan Ahli dari UGM tentang Gempa Banten yang Tak Akan Menimbulkan Tsunami